Penyertaan Modal PD. Wawo Ratusan Juta, Tapi PAD Nol -->

Iklan 970x250px

Penyertaan Modal PD. Wawo Ratusan Juta, Tapi PAD Nol

Selasa, 17 September 2019

Bima, Incinews.Net-Penyertaan modal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bima terhadap Perusahaan Daerah Wawo (PD. Wawo) dalam dua tahun terakhir mencapai ratusan juta rupiah, nanum tidak memberikan kontribusi bagi Daerah.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, Edy Muklis S. Sos mengaku, mulai tahun 2017 dan 2018, PD. Wawo  menerima penyertaan modal dari Pemerintah Daerah.

"Tahun 2017 ada Rp250 juta kemudian tahun 2018 ada Rp350 juta," katanya.

Menurutnya dari penyertaan modal tersebut diharapkn PD. Wawo dapat membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun sampai saat ini, justru tidak memberikan dampak apapun bagi daerah.

"Bayangkan saja kontribusi PADnya nol besar. Sementara penyertaan modal sampai ratusan juta," ujar Duta NasDem ini.

Selain penyertaan modal, PD Wawo juga bisa menghasilkan anggaran dari hasil penjualan garam ke Pemerintah Desa, ASN, Pegawai Pemerintah Kabupaten hingga 45 anggota DPRD.

"Jadi dikemanakan anggaran dan penjualan garam selama ini," ujarnya mempertanyakan.

Dalam memperbaiki itu, Edy mengaku pihaknya telah merekomendasikan kepada Pemerintah Daerah untuk merombak total manajemen PD Wawo serta mengevaluasi kinerja dalam beberapa tahun terakhir.

"Kita suda rekomendasikan agar struktur manajemen PD Wawo diganti, karena pengelolaan yang suda tidak sehat dan terkesan tertutup. Bupati tidak boleh abaikan rekomendasi ini, harus ditindaklanjuti," ujarnya.

Selain itu, Dewan juga akan merevisi Perda pengelolaan dan manajemen PD.Wawo karena ada beberapa pasal yang perlu direvisi. Salahsatunya manajemem pengelolaan yang menganut sistem lama.

"Tidak ada tawar menawar. Ini menyangkut Daerah," katanya. (Inc)