Pengembangan PLTSa, Jadi Solusi Pemda Bima Tangani Sampah -->

Iklan 970x250px

Pengembangan PLTSa, Jadi Solusi Pemda Bima Tangani Sampah

Sabtu, 28 September 2019

Bima, incinews.Net -Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) akan dibangun di wilayah Kabupaten Bima. Pembanguna PLTSa ini diharapkan mampu menjadi motivasi dan solusi bagi Pemerintah Kabupaten Bima dalam menangani sampah.

Sebagai bentuk keseriusan, Pemerintah Kabupaten Bima yang diwakili Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, menandatangi MoU dan perjanjian kerjasama dengan Direksi PT. Kaltimex Energy, di ruang rapat Bupati Bima, Kamis (26/9/2019).

Bupati mengatakan dengan dilakukannya penandatanganan MoU dan perjanjian kerjasama pengembangan PLTSa itu, diharapakan bisa menerangi lingkungan sekitar. Beroperasinya PLTSa juga akan memotivasi Pemerintah dalam menangani persoalan sampah.

“Keberadaan PLTSa ini diharapkan mampu menjadi motivasi dan solusi peningkatan penanganan sampah di Kabupaten Bima,” katanya.

Selain itu, dengan beroperasinya PLTSa nanti, persoalan atau masalah sampah bisa dapat teratasi. Masyarakat juga tidak lagi membuang sampah sembarangan yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

“Saya kira dampaknya sangat positif bagi masyarakat. Terutama menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya,” katanya.

Direksi PT. Kaltimex Energy, Widi Pancono mengatakan, keberadaan PLTSa hanyalah sarana dalam mengefisiensikan penanganan sampah. Karena optimalisasi penanganan sampah juga bergantung pada karakteristik dan andil masyarakat.

Diakuinya, penanganan sampah juga harus mensinergikan seluruh pemangku kepentingan. Apalagi ada nilai-nilai energi baru dalam pengolahan sampah yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

“Keberadaan PLTSa ini dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi terhadap lingkungan sekitar,” pungkasnya. (Inc)