Incinews.net
Sabtu, 07 September 2019, 08.26 WIB
Last Updated 2019-09-07T00:26:32Z
HeadlineKesehatanSosial

Hari Kontrasepsi Sedunia, DP3AP2KB Adakan Pelayanan KB


Bima, Incinews.Net- Menyongsong peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia yang diperingati setiap 26 September di seluruh dunia, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima melakukan koordinasi dengan IBI dan mitra kerja melaksanakan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di setiap kecamatan se Kabupaten Bima.
             
Kepala Bidang P2KBPK Siti Marsinah S.Kep selaku penanggungjawab kegiatan Kamis (5/9) menjelaskan, hari Kontrasepsi Sedunia harus dijadikan sebagai momentum untuk terus menggalakkan kembali program Keluarga Berencana. "Karena itu, pihaknya gencar menggalakan KB MKJP (Impan, IUD, MOP dan MOW) pada periode 1 Agustus sampai dengan 15 September 2019", ungkapnya.
           
Dijelaskan Marsinah, Bidang P2KBPK bertugas  meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera, Katanya.
             
"Untuk mewujudkan tujuan ini, pada tanggal 20 Agustus 2019 dilakukan pelayanan Vasektomi  atau Medis Operasi Pria (MOP) bersama dokter sepesialis bedah bertempat di BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) Kabupaten Bima dengan total akseptor yang dilayani sebanyak 23 orang", terangnya.
             
Demikian halnya pada tanggal 17 September 2019 mendatang, Bidang P2KBPK akan melakukan pelayanan Medis Operasi Wanita (MOW) kepada 85 calon 85 akseptor, yang akan dilayani oleh dr.Khoiron, SpOG dari Mataram. "Semua jenis pelayanan tersebut (implan, IUD, MOP dan MOW) tidak dipungut biaya", pungkasnya.
             
Terkait pelayanan kontrasepsi, pada periode  1 Agustus - 15 September 2019, hasilnya akan dilaporkan paling lambat 16 September 2019 ke BKKBN Provinsi NTB dan di dilaporkan secara resmi pada puncak peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2019 di Maumere Nusa Tenggara Timur. Tutup Marsinah. (Inc)