Incinews.net
Senin, 05 Agustus 2019, 19.51 WIB
Last Updated 2019-08-05T11:51:14Z
HeadlinePemerintah

Menteri PANRB Salut Terhadap Visi Misi NTB Gemilang dan Apresiasi e-Kinerja Berbasis BSC


Mataram, Incinews.Net- Incinew Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN& RB) Republik Indonesia Drs. Syafruddin, M. Si menyatakan salut terhadap visi-misi NTB Gemilang.

Ia juga mengapresiasi penggunaan aplikasi E-Kinerja dengan metode Balance Score Card (BSC) yang diintegrasikan dengan sistem pengukuran kinerja para pejabat struktural beserta seluruh  ASN pengelola kegiatan dan penyelenggara pelayanan publik. Karena dengan aplikasi itu, membuat Pemda akan fokus pada pencapaian indikator RPJMD NTB untuk mewujudkan NTB Gemilang.

"Sistem ini sangat bagus untuk diterapkan oleh instansi pemerintahan dan saya sangat mengapresiasi trobosan bagus dari pemerintah NTB ini,” ujar Mentri Syafruddin usai menyimak  pemaparan dari Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah yang secara khusus menemui MenPAN & RB di Jakarta Senin, (5/8/2019), guna melaporkan penerapan E-Kinerja berbasis BSC di NTB.

Kepada Wagub Menteri Syafruddin berpesan agar Pemda NTB menggandeng seluruh Kabupaten/Kota se-NTB untuk juga menggunakan sistem BSC ini. “NTB harus bisa juga mengajak para Bupati dan Walikota untuk menggunakan BSC ini,” pesannya.

Sebelumnya Wagub yang akrab disapa Umi Rohmi itu memaparkan secara detail kepada Menteri Syafruddin tentang penerapan E-Kinerja berbasis BSC dilingkungannya. Sebagai sebuah terobosan baru di NTB dan tools untuk mempermudah melakukan monitoring dan evalusasi terhadap semua program dan kegiatan perangkat daerah, sekaligus mengukur kemanfaatannya bagi masyarakat.

“Bapak Menteri, kami sampaikan bahwa, BSC ini trobosan baru yang coba kami lakukan dalam upaya untuk meningkatkan tata kelola pembangunan dan transparansi penyelenggaraan program-program di seluruh OPD lingkup Pemprov NTB,” papar Wagub.

“Melalui BSC ini, kami setiap saat dapat mengetahui progress pelaksanaan program/kegiatan dan program-program unggulan di semua OPD", tambahnya.

Demikian juga para Kepala Perangkat Daerah, lanjut Umi Rohmi dapat memantau kinerja bawahannya dan seterusnya, sehingga ketika terjadi permasalahan, dapat segera diatasi.

Dengan menggunakan Aplikasi BSC, maka seluruh rincian program/kegiatan dan alokasi anggarannya serta progres/capaian kinerja dari tiap-tiap pejabat di seluruh Perangkat Daerah sebagai pengelola atau penanggungjawab kegiatan, dapat dipantau secara riil time oleh Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda dan Para Kepala OPD melalui Dashboard/layar pemantau yang ada diruang pimpinan. "Melalui BSC ini, maka semua sumber daya  ikut bergerak dan berperan, termasuk ikut memantau", jelas Wagub Umi Rohmi

Pada pertemuan tersebut, wagub Umi Rohmi hadir didampingi Asisten I,  Dra.Hj.Eva Nurcahyaningsih M.Si, juga Asisten II Setda NTB, Ir. H. Ridwansyah, M.Sc dan Asisten III Ir.Hartina M.Si bersama staf teknis lainnya dari Diskominfotik NTB.

Balanced score card  merupakan sistem manajemen strategis/aplikasi yang dapat membantu menunjukkan indikator outcome dan output yang jelas, indikator internal dan eksternal, indikator keuangan dan non-keuangan, dan indikator sebab dan akibat. Serta dapat diterapkan  tidak hanya pada saat menyusun rencana alokasi anggaran dan menyusun manajemen kinerja. Melainkan juga untuk sosialisasi terhadap kebijakan baru, memperoleh umpan balik serta meningkatkan kapasitas dan aktivitas kinerja SDM. (Inc)