Incinews.net
Kamis, 15 Agustus 2019, 09.13 WIB
Last Updated 2019-08-15T01:14:16Z
HeadlinePariwisata

Hj. Mufidah Jusuf Kalla: Semoga Dekranasda NTB Menunjang Sektor Pariwisata

Foto: Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj. Mufidah Jusuf Kalla didampingi Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah stand kerajinan tenun khas NTB, dikantor Dekranasda, jalan Langko-Mataram (14/8/2019).

Mataram, incinews.net- Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj. Mufidah Jusuf Kalla, mengajak segenap jajaran Dekranasda NTB untuk terus melakukan upaya pembinaan dan pengembangan usaha pengrajin.  Sekaligus juga membantu UMKM pengrajin mengatasi berbagai kelemahan dan permasalahan yang dihadapinya. Termasuk membantu dalam hal promosi dan pemasaran.

Karenanya istri Wakil Presiden Jusuf Kala, yang lebih dikenal RI4 itu, sangat mengapresiasi Dekranas Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), yang telah membangun Balai Kriya di Kantor Dekranasda, sebagai wahana menjalankan kegiatan kegiatan di daerah.

Saat meresmikan Kantor Dekranasda NTB di Jalan Langko Mataram, Rabu (14/8-2019), Hj.Mufidah menegaskan bahwa keberadaan Balai Kriya tersebut membuktikan keseriusan Dekranasda NTB dalam menjalankan tugasnya.

"Kita ketahui bahwa industri kerajinan kriya merupakan bagian dari ekonomi kreatif, yang pertumbuhannya sangat cepat hampir di seluruh pelosok tanah air, tidak terkecuali di NTB yang memiliki potensi sangat besar,” ungkapnya.

RI 4  menyebut ketatnya persaingan di tingkat regional maupun internasional memerlukan upaya-upaya nyata, untuk mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) Pengrajin, agar lebih giat sehingga mampu bersaing di pasaran. Sehingga menurutnya sangat diperlukan sinergi dari berbagai pihak, untuk melakukan upaya pembinaan dan pengembangan usaha pengrajin, dalam mengatasi berbagai kelemahan dan permasalahan yang dihadapi oleh pengrajin,” ujarnya.

Hj. Mufidah berharap, Kantor Dekranasda NTB yang baru diresmikan dapat sekaligus sebagai galeri, untuk membantu pemasaran hasil produk UKM dan dapat menunjang sektor pariwisata, khususnya dalam penyediaan souvenir.

“Dengan mengikuti trend pasar yang sedang berlaku, dapat pula dengan membuka website yang telah dimiliki oleh Dekranasda. Tidak kalah pentingnya juga, agar Dekranasda NTB memanfaatkan pemasaran online, baik secara mandiri atau melalui market place seperti buka lapak, shopee, dan lainnya,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah menyampaikan selamat datang dan terima kasih, kepada Ketua Umum Dekranas karena telah mengunjungi NTB.

“Mudah-mudahan ibu memberikan inspirasi dan semangat baru bagi di NTB, untuk kerja lebih maksimal lagi dan menyongsong masa depan yang lebih baik” ucap Gubernur.

Sementara Ketua Umum Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, dalam laporannya memaparkan khazanah budaya dari dua pulau di NTB. Dimana disampaikan beberapa hal yang menjadi kebanggaan NTB, seperti hasil tenun khas Suku Sasak Lombok, Samawa, dan tenunan khas Mbojo.

“Kami sangat membutuhkan bantuan, bimbingan, dan arahan dari Pusat agar tenun NTB bisa sejajar dengan tenun lain, dan diterima di berbagai kalangan” ungkapnya.

Lebih jauh Hj. Niken menyampaikan bahwa menyikapi NTB pasca diguncang gempa beruntun, pihak Dekranasda NTB melakukan recovery beberapa UKM dan membantu mempromosikan hasil karya UKM, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Kami tetap membuat berbagai kegiatan pameran, sekali di Dubai yang berkenaan dengan Lombok-Sumbawa Recovery Night, di Malaysia, dan rencananya dalam bulan Agustus nanti, ada undangan dari Konjen RI di Darwin dan di Perth” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Mufidah Jusuf Kalla memberikan bantuan stimulan kepada pelaku industri kreatif, yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur. (Inc)