Pesona Diwu Wau & Eksotis Alam yang Ditawarkannya -->

Iklan 970x250px

Pesona Diwu Wau & Eksotis Alam yang Ditawarkannya

Senin, 29 Juli 2019

Opini- Diwu Wau merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 1 KM dari pusat pemerintahan Kecamatan Wawo, atau kurang dari 1 KM dari Spot Wisata Kolam Renang Oi Wobo. Perjalanan ke Diwu Wau dapat ditempuh dengan berjalan kaki, bisa juga menggunakan sepeda motor, hanya saja jalan yang dilalui merupakan jalan tani yang tidak beraspal.

Secara umum tempat ini adalah lahan pertanian berupa gugusan persawahan terasering dengan deretan pohon kelapa yang menghijau di sepanjang pematang-pematang sawah. Di bawahnya mengalir air sungai yang tak pernah mati sepanjang tahunnya. Semakin ke hulu sungai ini semakin dalam, menghasilkan tebing yang curam di sisi kiri kanannya. Bagi para pecinta olahraga panjat tebing, spot ini sangat menantang untuk ditaklukkan.

Para pengunjung juga dapat menikmati segarnya buah kelapa muda sembari memanjakan mata dengan pemandangan hijau yang eksotis. Menjelang masa panen, pengunjung disuguhkan dengan indahnya hamparan padi yang menguning di antara deretan pohon kelapa tersebut.

Diwu Wau mulai dikenal sejak foto-foto dan videonya mulai viral di media sosial dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini membuatnya kian ramai dikunjungi. Sejauh ini pengunjung Diwu Wau masih didominasi oleh warga lokal, khususnya di kalangan remaja. Sesekali tampak juga para pengunjung dari luar daerah yang penasaran dengan surga tersembunyi ini. Mereka tampak terkagum-kagum akan kesejukan udara dan keindahan alamnya. Seiring namanya yang kian menggema, Diwu Wau menampakkan wujudnya sebagai spot wisata alam yang kian diminati.

Namun demikian, untuk menjadikannya sebagai spot wisata andalan, Diwu Wau perlu ditata dengan baik, mulai dari infrastruktur jalan, serta fasilitas pendukung lainnya seperti jasa boga, akomodasi, dan lain-lain.

Penulis : Ikra, S.Pd
Guru SMPN 1 Wawo