Incinews.net
Selasa, 16 Juli 2019, 09.02 WIB
Last Updated 2019-07-16T03:44:30Z
HeadlinePendidikan

Perkenalan Lingkungan Sekolah, Jajaran Kodim Bima Menyebar Beri Pembinaan Kebangsaan



Bima,Incinews,Net- Siswa-siswi Sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, kembali melaksanakan aktivitasnya sebagai anak sekolahan, setelah hampir 2 (Dua) Pekan menikmati liburan sekolah. Pada Senin (15/7).

Hari pertama masuk sekolah ini, tidak saja bagi siswa yang naik kelas, namun juga bagi siswa-siswi baru  yang pertama kali menginjakkan kakinya di Sekolah menengah pertama (SMP), maupun sekolah menengah atas (SMA), kemudian langsung mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kodim 1608/Bima bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota Bima serta sekolah-sekolah yang ada diwilayah Kab/Kota Bima berpartisipasi dengan memberikan pembekalan kedisiplinan serta wawasan kebangsaan bagi para siswa baru.

Kegiatan ini dilaksanakan diseluruh jajaran Kodim 1608/Bima, mulai dari Kota Bima sampai dengan daerah-daerah seperti Sanggar, Lambu maupun Monta dan Soromandi.


Total meliputi 32 sekolah baik itu SMP, SMA maupun SMK, diikuti oleh ratusan siswa-siswi diseluruh wilayah Kabupaten dan Kota Bima.

Kegiatan dimulai dari Upacara Bendera, pelatihan PBB dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan. Bertindak sebagai pemateri maupun pelatih adalah para Danramil, Danposramil serta Babinsa diwilayah masing-masing.

Para siswa baru mengaku sangat antusias dan semangat dalam mengikuti setiap materi yang diberikan. Demikian juga para guru yang mengharapkan agar kegiatan semacam ini, dapat dilaksanakan secara terjadwal karena manfaatnya sangat besar dalam melatih kedisiplinan, pembentukan karakter maupun pemahaman rasa nasionalisme kepada generasi muda.

Dandim 1608/Bima  menyampaikan bahwa melalui kegiatan semacam ini, diharapkan akan menumbuhkan motivasi bagi para siswa, melatih mental kejuangan serta kedisiplinan dan juga mempertebal rasa cinta tanah air. Selain itu juga dimasukkan materi tentang narkoba untuk mencegah generasi muda dari pengaruh narkoba yang semakin membahayakan,Ungkap Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra.

Dandim juga mengucapkan terima kasih kepada para Danramil beserta jajarannya yang sangat termotivasi dan penuh dedikasi untuk dapat melatih para generasi penerus bangsa melalui kegiatan MPLS. (Inc)