Orangtua Siswa Keluhkan Biaya Pengambilan SKHU Bagi Lulusan SMP Negeri 2 Dompu -->

Iklan 970x250px

Orangtua Siswa Keluhkan Biaya Pengambilan SKHU Bagi Lulusan SMP Negeri 2 Dompu

Selasa, 18 Juni 2019

Dompu,incinews.net -Sejumlah orangtua siswa mengeluhkan biaya pengambilan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) yang dibebankan oleh pihak SMP Negeri 2 Dompu NTB kepada setiap siswa yang menamatkan diri pada tahun ajaran 2018-2019 sebesar Rp100 ribu per siswa.

Kacaunya, jika tidak membayar uang dimaksud, maka siswa yang datang mengambil keterangan hasil ujiannya untuk melanjutkan pendidikan SMA disuruh pulang dan tidak diperkenankan untuk mengambil SKHU.

Salah satu orangtua siswa, Rian (39) kepada incinews.net mengaku telah dimintai biaya pengambilan SKHU bagi anaknya yang baru saja lulus di SMP Negeri 2 Dompu. Dia mengaku tidak tahu menahu alasan sekolah memungut biaya tersebut.



Katanya, anaknya pernah balik kerumah saat pengambilan SKHU karena tidak membawa uang sebesar Rp.100 ribu sebagai syarat untuk pengambilan SKHU.

Awalnya sang orang tua itu tidak percaya, setelah ia tanya teman anaknya yang juga sudah mengambil SKHU, mereka mengakui biaya itu. Walaupun berat membayar, akhirnya dia berusaha meminjam uang tetangga lalu memberikannya kepada anaknya.

"Setelah anak saya membayarnya kepada salah satu guru di sekolah, pihak sekolah pun mengeluarkan SKHU. Bahkan ada salah satu guru yang ditugaskan khusus oleh sekolah untuk mencatat sejumlah siswa yang mengambil SKHU dan uang yang terkumpul,” ujar dia melalui telpon genggaman nya, Kamis (13/06/2019) lalu.

Hal senada disampaikan Muhdar (36), orangtua siswa lainya. Ia membenarkan bahwa syarat untuk mengambil SKHU bagi siswa lulusan SMP Negeri 2 Dompu harus membayar dengan uang Rp.100 ribu.

"Kemarin saya sudah memberikan uang itu kepada anak saya. Setelah diberikan pada petugas di sekolah SKHU nya langsung diberikan," ungkapnya saat temui dikediamannya, Senin (17/06/2019).

"Harusnya sekolah tidak lagi membebankan dan memungut uang semacam ini (biaya pengambilan SKHU) kepada siswa," kata orangtua siswa lainya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Dompu, Efendi, S. Ag., yang ditemui Selasa (16/06/2019) membenarkan adanya biaya pengambilan SKHU bagi siswa lulusan di sekolahnya sebesar Rp.100 ribu.

"Ini hanya sifatnya sumbangan ala kadarnya terhadap orang tua siswa dan bersifat tidak memaksa. Hal itupun sudah diketahui oleh Komite sekolah dan ada notulen rapat dengan orang tua. Itu sudah dilakukan setiap tahunnya," ujarnya. *(inc)