Jelang Mudik, Polisi dan BNN Mataram Cek Kelayakan Bus dan Cek Urine Sopir Bus

Iklan 970x250px

Jelang Mudik, Polisi dan BNN Mataram Cek Kelayakan Bus dan Cek Urine Sopir Bus

Kamis, 30 Mei 2019

Mataram,incinews.Net – Libur panjang menjelang lebaran diperkirakan akan menjadi puncak arus mudik di bulan Ramadan 1440 Hijrian/2019 Masehi. Karena itu, beberapa tindakan pengamanan telah dilakukan pihak Kepolisian, salah satunya Polres Mataram.

Untuk memastikan keamanan selama arus mudik berlangsung, Polres Mataram melakukan pengecekan kesiapan dan kelayakan angkutan umum di Terminal Tipe A Mandalika, Kelurahan Bertais, Kecamatan Cakranegara, Mataram, Rabu (29/05/2019).

Kapolres Mataram, AKBP Saiful Alam, S.H., S.I.K., M.H, menerangkan bahwa pengecekan yang dilakukan bersama-sama oleh Polres Mataram, Dinas Perhubungan, dan BNN tersebut ditujukan untuk menjaga kondusifitas menjelang arus mudik lebaran 2019.

Selain mengecek kondisi kendaraan, Polres Mataram dan BNN juga melakukan pengecekan urine terhadap 14 sopir bus di Terminal Mandalika. Hal itu untuk memastikan bahwa tidak ada sopir yang menjadi pengguna aktif narkotika.

“Kita lakukan pengecekan dan pemeriksaan urine kepada sopir angkutan umum dan pengecekan kondisi fisik kendaraan,” ujar AKBP Saiful Alam, S.H., S.I.K., M.H.

Setelah dilakukan tes urine, seluruh sopir di Terminal Mandalika tersebut diyatakan negatif dalam penyalahgunaan narkoba. Selain itu diterangkan AKBP Saiful Alam, S.H., S.I.K., M.H, bahwa Polres Mataram bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan BNN sedang melaksanakan Operasi Ketupat Gatarin 2019.

Untuk itu Polres Mataram telah menyiapkan satu Pos Pelayanan yang berada di Lingkungan Karang Jangkong, Mataram serta tiga Pos Pengamanan yang masing-masing berada di Kebon Roek, Bertais, dan Narmada.

“Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menciptakan situasi yang kondusif, sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama,” terang Kapolres Mataram.

AKBP Saiful Alam, S.H., S.I.K., M.H, sendiri berharap agar pengecekan tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, khususnya bagi yang merencanakan mudik. Walaupun begitu, Kapolres Mataram mengingatkan agar masyarakat juga tetap menjaga keamanan dan ketertiban.(inc)