Incinews.net
Rabu, 03 April 2019, 00.36 WIB
Last Updated 2019-04-03T00:21:29Z
HeadlineSosial

Ultah Kota Bima Ke 17, “Suppa Senna” Ambil Bagian


Kota Bima,Incinews.Net –Sejak kemunculanya Bulan April 2018 lalu,Minuman Herbal Khas Bima “Suppa Senna” kini menjadi, herbal andaran yang banyak diminati oleh berbagai orang, mulai dari kalangan biasa sampai Kelangan Pejabat level Kepala daerah Kota dan kabupaten Bima.

Munawar, M.Pd, sebagai Penggagas adanya “Suppa Senna” memunculkan idenya dalam membuat ramuan khusus dari bahan alami Bima,dikarenakan pengaruh apa yang telah dibacanya dalam naskah kuno Peninggalan Kesultanan Bima, sewaktu Sultan Salahuddin berkuasa,ungkapnya.

“Sekitar 25 Tahun, Saya memang mendalami Obat Herbal, khas Bima”,Katanya. Selasa (2/4), sekitar Pukul 20,30 Wita, bertempat di Depan Asi Mbojo Bima,sambil melayani berbagai pembeli baik yang minum ditempat atau memesan untuk dibungkus dan dibawa pulang.

Disebutkan Munawar, Dalam pembuatanya Suppa Senna diramu dari 17 Bahan Alami, seperti dari Akar, Kayu,Kulit Kayu , Daun dan Bunga. Semua bahan tersebut, telah dipilih sesuai Khasiat yang akan dihasilkan nantinya.

“Suppa Senna, mempunyai khasiat mengobati seperti penyakit Asam Lambung,Magh Kronis,Ambeyen,Kolestrol,Asam Urat,Kurang Nafsu Makan,Insomnia,Meningkatkan Stamina,Melancarkan Mensturasi,Meremajakan Kulit, Mencegah Kanker Usus,Anti Cerawat,menurunkan tekanan Darah dan Meningkatkan kekebalan tubuh”,Jelasnya.

Bahkan Dinas Kesehatan Kota Bima,telah datang meninjau langsung, tata cara Pembuatan Suppa Senna, mulai dari Bahan, cara memasaknya,komposisinya, sampai pada ukuranya, Mereka sangat mengapresiasi, cara pembuatan Suppa Senna, kemudian dalam waktu dekat Dikes akan mengeluarkan semacam ijin resmi tentang Minuman 
“Suppa Senna”, Terang Warga Kelurahan Mande Rt 04 rw 01 Era Baru Kecamatan Mpunda Kota Bima ini.

“Nama Suppa Senna telah banyak diketahui di Daerah lain, Kemarin saya mengirimkan 10 Spek, Ke Irlandia, karena dipesan oleh mahasiswa Indonesia yang kuliah disana. Herbal ini, mampu bertahan sampai 7 Hari jika disimpan, tetapi akan lebih lama lagi, jika berada dalamn Kulkas”,Katanya.
Pada Acara Ulang Tahun Kota Bima 6-8 April 2019, Suppa Senna, memiliki Stand tersendiri dan itu merupakan bentuk apresiasi dari Wali Kota Bima, Harapannya kedepan ketika orang luar datang ke Bima, Suppa Senna menjadi Primadona, sebagai Minuman Khas Bima yang bisa menjadi Buah tangan,Tutup Munawar (inc)