Incinews.net
Selasa, 16 April 2019, 06.59 WIB
Last Updated 2019-04-15T22:59:39Z
HeadlinePendidikan

Menristekdikti Kunjungi Kampus Vokasi Unram, Pemda Bima Berkomitmen Bangun Politeknik Negeri



Bima,Incinews.Net- Dukungan penuh Pemerintah bagi kemajuan pendidikan tinggi di Kabupaten Bima.ditunjukkan dengan kunjungan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  (Ristek dan Dikti) Prof. H. Mohamad Nasir Ph.D Ak. Minggu (14/4) untuk melihat dari dekat Kampus Vokasi Unram Bima di Sondosia Kecamatan Bolo.

Menristek yang didampingi Gubernur NTB Gubernur NTB, Dr. H.  Zulkieflimansyah, Anggota DPR RI H. Syafrudin ST (Fraksi PAN), Direktur Pengembangan Kelembagaan Ditjen Kelembagaan Kemenristekdikti begitu tiba di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima langsung bertolak menuju Kampus Vokasi Unram Bima di Sondosia bersama Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri SE, Rektor Universitas Mataram dan pejabat teras lingkup Pemkab Bima.

Setelah meninjau laboratorium perikanan di kampus tersebut, Menristek melakukan tatap muka dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bima dan perguruan tinggi se kota dan kabupaten Bima di Aula Kantor Bupati Bima-Godo.

Dihadapan Bupati, Wakil Bupati, para pejabat eselon II, Eselon III, Pimpinan Perguruan tinggi, tokoh pendidikan yang hadir, Menteri Mohamad Nasir menekankan pentingnya inovasi dan teknologi.

“Negara yang memenangkan persaingan di dunia adalah negara yang memiliki inovasi dan teknologi. Inovasi dan teknologi ada dan bisa dilaksanakan kalau memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Sementara, kualitas SDM bisa diwujudkan jika ada perguruan tinggi yang mampu mendorong inovasi”,Ungkap Nasir.

Menristek juga memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bima dalam membangun kampus vokasi.

Menurut Menteri, Politeknik harus dibangun di daerah yang memiliki potensi agar sumber daya alam  bisa digali dan dikembangkan. Karena  jangan sampai putra daerah menjadi penonton atau pelayan, tetapi harus memberikan kontribusi melalui penguasaan teknologi dan sains, Ujarnya.

Dengan adanya potensi  dan hadirnya perguruan tinggi di daerah maka pertanyaannya adalah seberapa jauh kontribusinya bagi pembangunan daerah. Misalnya, apakah dengan adanya Politeknik, populasi dan kesehatan ternak meningkat, demikian pula dalam sektor perikanan,Jelas Nasir.

Sedangkan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri. Pemerintah daerah menyadari bahwa keberadaan kampus vokasi tersebut masih jauh dari kesempurnaan. Namun ikhtiar tersebut merupakan bagian dari semangat secara utuh seluruh masyarakat Kabupaten Bima yang  menginginkan kemajuan. Karena itu dengan segala keterbatasan yang ada diharapkan akan terwujud Politeknik Negeri di kabupaten Bima,Jelasnya

Bupati menyampaikan terima kasih atas komitmen Gubernur NTB  bagi pembangunan Politeknik Negeri di Bima.

Dijelaskan Dinda, Tidak mungkin kita bisa memacu ketertinggalan tanpa memperhatikan kualitas SDM, karena itu, dukungan Gubernur yang  cukup luar biasa dalam meyakinkan masyarakat mampu memacu semangat memajukan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Bima, Katanya.(inc)