Incinews.net
Jumat, 15 Maret 2019, 23.24 WIB
Last Updated 2019-03-15T15:24:34Z
BimaLiterasi

Wabup Dahlan: Literasi Dimunculkan Supaya Generasi Terhindar Dari Buta Aksara

Wakil Bupati Bima

Bima,Incinews.Net- Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer saat membuka acara Sosialisasi Peraturan Bupati Bima nomor 11 tahun 2019 tentang Kabupaten Bima Sebagai Kabupaten Literasi berlangsung Kamis (14/3) di Convention Hall Kota Bima.  

Pada sosialisasi  yang diikuti 600 peserta yang merupakan para Kepala UPT Dikbudpora Kecamatan, Kepala SMP dan SD.

Wakil Bupati Bima Dahlan  mengungkapkan bahwa literasi muncul supaya generasi terhindar dari buta aksara,ungkapnya.

"Literasi harus menyentuh segala aspek, antara lain literasi pendidikan, literasi keagamaan dan media",Katanya

Tantangan gerakan literasi adalah  bagaimana mengurangi angka buta aksara khususnya pada tingkat pendidikan dasar". Tandasnya. 

 Dahlan menambahkan, "literasi merupakan satu hal yang sangat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan Kabupaten Bima merupakan daerah pertama di NTB yang menerbitkan Perbup literasi". 

 Sosialisasi juga menghadirkan narasumber antara lain Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima Drs H. Muzakkir, M.Sc, Kepala Dinas PMDes Drs. Sirajudin AP. 

"Dinas PMDes dihadirkan  karena berkaitan dengan komitmen pembiayaan literasi yang bersumber dari dana desa bagi literasi digital dan literasi media. Hal ini dilakukan agar lalulintas hoax dapat diminimalisir". Terang Dahlan. 

 Narasumber lainnya yang hadir yaitu Kabag Hukum Setda Amar Maruf, SH dan Inspektur Pembantu A.Haris Nasution, S.IP. Sosialisasi dipandu Raani Wahyuni, ST, MT, M.Sc.(inc)