Incinews.net
Rabu, 13 Maret 2019, 15.31 WIB
Last Updated 2019-03-13T07:31:23Z
DompuMangge Asi

Sukses Deklarasikan 5 Pilar STBM, Pemdes Mangge Asi Dompu Diapresiasi Warga


Suasana proses deklarasi 5 pilar STBM di kantor Desa Mangge Asi Kabupaten Dompu yang dihadiri tim pemerintah provinsi NTB dan NTT.

Dompu,incinews.Net - Pemerintah dan masyarakat Desa Mangge Asi Kabupaten Dompu NTB mendeklarasikan 5 (lima) Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di halaman kantor desa setempat, Rabu (13/03/2019).

Deklarasi itu nampak dihadiri tim dari Provinsi NTB yang diwakili Kota Mataram, Kabupaten Loteng dan Kabupaten Sumbawa. Sementara tim dari provinsi NTT diwakili Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka dan Kabupaten Manggarai.

Selain itu, juga hadir Bupati Dompu diwakili Sekda Kabupaten Dompu, H Agus Bukhari, M.Si, pimpinan OPD beserta sejumlah masyarakat desa setempat.

Sejumlah masyarakat yang hadir mengapresiasi dan marasa termotivasi atas bimbingan pemerintah desa yang terus berupaya memberikan pemahaman dan kesadaran terhadap masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan hidup sehat sehingga deklarasi itu berjalan sukses.

"Terima kasih kami sampaikan kepada bapak Plt Kades dan Camat Dompu yang tak henti-hentinya memberikan arahan kepada kami akan pentingnya kebersihan lingkungan," cetus beberapa warga yang hadir di tempat kegiatan.

Dihadapan tim dan masyarakat, 5 (lima) pilar STBM dideklarasikan oleh Plt Kepala Desa, Akshan SH dan perangkat mewakili warga. Deklarasi itu diantaranya, pertama, menyatakan sikap untuk tidak buang air besar disembarang tempat, kedua mencuci tangan dengan sabun dan dengan air yang mengalir, ketiga mengelola air minum rumah tangga, keempat, Mengola sampah rumah tangga, dan kelima, Mengolah limbah cair rumah tangga.

Sekda Kabupaten Dompu, H Agus Bukhari M. Si dalam sambutannya meminta kepada pemerintah Desa dan Kecamatan untuk terus memacu semangat warga untuk tetap dan terus menerapkan secara keseluruhan 5 Pilar STBM dalam kehidupan sehari-hari.

"Jika 5 pilar STBM 100% diterapkan oleh warga maka akan berdampak baik bagi kesehatan. Sebab lingkungan yang bersih Insya Allah akan terhindar segala penyakit terutama kolera dan sebagainya," tuturnya.

Terpisah, Plt Kepala Desa Mangge Asi, Akshan SH., menyebutkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman warga dalam mengelolah program pembangunan khususnya pemberdayaan masyarakat terutama dibidang kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Selain itu, juga untuk memotivasi dan mendorong pemahaman masyarakat tentang kebutuhan hidup bersih, perilaku higenis dan sanitasi yang sehat, terkait dengan lima pilar STBM.

"Ini bagian dari langkah pemerintah untuk mendorong, membina dan menciptakan masyarakat desa agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain disekitarnya," tandas pria berkacamata hitam itu. (inc)