Incinews.net
Senin, 18 Februari 2019, 19.24 WIB
Last Updated 2019-02-18T11:57:58Z
PemerintahPemkab Bima

SAKIB Pemkab Bima Dari Nilai CC Meningkat Menjadi B


Bima,Incinews.Net- Pada Momentum Apel Gabungan Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan dari pemerintah pusat dalam hal ini Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia terkait dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), dimana Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Bima ini Meningkat Dari CC Ke B.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.Senin (18/2).

Dengan meningkatnya Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ini merupakan Sebuah sejarah baru ditorehkan jajaran Pemerintah Kabupaten Bima, bahwa pada tahun 2018, Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten Bima meningkat dari CC ke B. Pada tahun sebelumnya Sistem Akuntabiliitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten Bima memperoleh nilai 58.13 dan pada penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pemerintah Kabupaten Bima memperoleh nilai B dengan perolehan 60.41.

Kedepan, seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bima perlu meningkatkan beberapa evaluasi akuntabilitas kinerja, diantaranya penajaman sasaran dan indikator sasaran yang akan dicapai oleh masing – masing OPD, melakukan evaluasi program dan kegiatan yang tidak mendukung indikator sasaran; menciptakan inovasi – inovasi yang mendukung pencapaian anggaran berbasis kinerja disamping torehan prestasi yang telah diraih dan meningkatkan kepatuhan pelayanan birokrasi kepada masyarakat.

Penyerahan ini secara simbolis Langsung oleh Wakil Bupati Bima H.Dahlan M.Noer dan diterima langsung oleh Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE serta dirangkaiakan dengan pemberian penghargaan kepada TiM Penyusun Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Pada momentum ini juga dilakukan peresmian dan penandatanganan prasastioleh BUpati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE terkait dengan Peresmian Pembangunan Kanto Bupati Bima, Peresmian Pembangunan Mushola Kabupaten Bima, Peresmian Pembangunan Taman Panda Kecamatan Palibelo, Peresmian Pembangunan Kantor dan Gudang ARSIP BPPKAD Kabupaten Bima serta Peresmian Pembangunan SPAM IKK Woha Kecamatan Woha.

Bupati Bima berharap dengan adanya dengan adanya prestasi yang diraih ini kedepanya kita dapat bersama – sama terus bergandengan tangan, bersama – sama, bahum membahu dalam rangka menghadapi peluang dan tantangan tugas pembangunan pemerintah di tahun mendatang. Saya yakin dan percaya hanya dengan kebersamaan dan kekompakan kita semua tugas kedepan akan mampu kita laksanakan.(Inc)