Incinews.net
Jumat, 08 Februari 2019, 19.58 WIB
Last Updated 2019-02-11T09:58:20Z
BimaBuleg

Pemkab dan Bulog Salurkan Beras Rastra Bagi KPM

Launching Beras Ranstra
Bima,Incinews.Net-Pemerintah Kabupaten Bima dan Bulog Bima salurkan bantuan sosial beras sejahtera (Rastra) bagi Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang berada di wilayah Kabupaten Bima Tahun 2019.

Penyerahan beras sejahtera tersebut dilangsungkan di komplek pergudangan Bulog yang berada di desa Bolo Kecamatan Madapangga Jum’at (8/2) dihadiri Bupati Bima, Kabag Lingkup Setda Bima, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bima, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima beserta jajaranya, Kepala Sub Divisi Regional Bulog Bima, Camat Madapangga, Camat Bolo serta warga masyarakat yang menerima beras sejahtera.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Salahuddin, SH, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tahun ini pemerintah Kabupaten Bima bersama Bulog meyalurkan bansos beras sejahtera kepada Kelompok Penerima Manfaat (masyarakat) yang berada di wilayah Kabupaten Bima yang didistribusikan sejumlah 39.995 KPM dengan realisasi beras rastra yang diterima oleh KPM sebanyak 399 ton 950 Kg, sehingga dengan jumlah tersebut masing – masing KPM mendapatkan bantuan beras sejahtera sebanyak 10 Kg.

Diberikannya bansos beras sejahtera kepada KPM ini dalam rangka untuk mengurangi beban pengeluaran KPM bantuan sosial beras sejahtera melalui pemenuhan sebagian khusus kebutuhan pangan dalam jangka waktu tertentu tanpa dikenakan biaya tebus.

Penyaluran beras sejahtera ini merupakan bantuan sosial yang disalurkan oleh Pemerintah yang bekerjasama dengan Bulog Kepala KPM dalam bentuk beras. Sehingga dari dari bantuan sosial beras sejahtera ini dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di tingkat KPM sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Selain itu, dalam rangka memberikan kemudahan bagi KPM penerima beras sejahtera, kedepanya pemerintah akan memberikan kartu yang bisa dicairkan warung yang sudah di tunjuk oleh pemerintah seperti di E-Warung yang di kelola oleh BUMDesa, dan langsung di belanjakan untuk sembako dan lauk pauk, untuk setiap pembelianya Rp. 110.000”.

Sedangka Kepala Sub Divisi Regional Bulog Bima Harisun bahwa tahun ini jumlah stok beras untuk masyarkat Kabupaten Bima relative aman sebesar 7 ribu ton.

Dari jumlah tersebut, kami menyimpanya di Gudang Bulog sehingga apabila pemerintah membutuhkan beras untuk menyalurkan kepada masyarakat maka kami selaku KepalaSub Divisi Regional Bulog Bima akan menyediakan beras tersebut dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya, Maka dari itu Tugas Kami adalah selaku penyedian barang berupa beras untk disalurkan kepada Penerima Manfaat yang berada di Kabupaten Bima.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima dan Wakapolres Bima telah melakukan Kroscek lebih Awal mengenai Kualitas beras Bansos Rastra ,dirasa telah memenuhi kualitas maka tidak diragukan untuk dapat disalurkan.

Sementara Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dalam amanatnya mengatakan bahwa Penyaluran Beras Sejahtera untuk Rumah Tangga Miskin bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan rumah tangga terutama rumah tangga miskin.

Oleh karena itu pemberian beras untuk keluarga miskin diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan dan e perlindungan pada keluarga miskin melalui pendistribusian beras maksimal 10 kg/KK/bulan.

Disamping itu Bupati menghimbau kepada KPM agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan hidupya, sehingga dari bantuan beras ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidupnya.


Bupati berharap dengan adanya bansos penyaluran beras sejahtera ini, untuk membantu warga masyarakat yang masuk kedalam katagori keluarga miskin agar dapat diberikan bantuan beras, untuk kebutuhannya sekaligus tepat sasaran, karena keberadaan beras sejahtera ini sangat dibutuhkan bagi Keluarga Miskin dalam pemenuhan hidupnya. (Inc)