Incinews.net
Minggu, 27 Januari 2019, 00.20 WIB
Last Updated 2019-01-26T16:20:53Z
HukumKota BimaPerkebunanPertanian

Danrem 162/ WB Pimpin Penanaman Perdana RHL di Lelamase Kota Bima


Komandan Korem 162/ WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han 
Kota Bima,incinews,Net- Komandan Korem 162/ WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han pagi ini, Sabtu (26/1/2019) memimpin penanaman perdana Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Kelurahan Lelamase Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima. Hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE, Dandim 1608/ Bima Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra, unsur Forkopimda Kota dan Kabupaten Bima, Para Prajurit TNI Kodim 1608/ Bima dan ratusan masyarakat Kelurahan Lelamase.

Dandim 1608/ Bima Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra dalam laporannya menyampaikan, bahwa Rehabilitasi Hutan dan Lahan yang dilaksanakan oleh TNI seluas 4157 hektar yang tersebar di wilayah Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, Kecamatan Asakota Kota Bima, Kecamatan wawo Kabupaten Bima dan Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima, sebanyak 2 Juta pohon jenis Durian, Mangga, Mahoni yang ditanam.

Dandim berharap kegiatan yang sangat luar biasa ini, semoga dapat dilaksanakan dengan lancar, aman dan tidak ada aral yang melintang. Dandim juga menaruh harapan kepada masyarakat agar mau berpartisipasi dalam membantu program ini.
Dandim 1608/ Bima Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra

Letkol Bambang juga mengingatkan dengan adanya komitmen dan semangat Bapak Danrem, mari kita ikuti langkah-langkah beliau, setidaknya kita memperbaiki lingkungan kita dengan menanam pohon, karena "Bila tidak lagi tersisa mata air, tinggalah nanti tersisa air mata", ungkap Dandim.

Pada kesempatan tersebut Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE mengatakan, bahwa satu harapan dari Pemerintah Kota Bima dalam rangka penanaman kembali hutan yang gundul ini merupakan cita-cita kita bersama untuk tidak sekedar menumbuhkembangkan semangat untuk menanam tanaman produktif tetapi juga harus merawat dengan baik, sebagai langkah pencegahan terhadap bencana atau mitigasi, ungkapnya. Program ini menurut Walikota, didukung oleh Pemerintah Pusat yang dianggarkan lewat BPBD bekerjasama dengan TNI, jelas Walikota.

Pada kesempatan itu Walikota juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak bereuforia dengan tanaman jagung, tapi harus diselingi dengan tanaman yang keras dan tumpang sari, pesan H. Lutfi.


Sementara itu, Danrem 162/ WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M. Han mengapresiasi kepada pihak Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima, yang mensupport kegiatan yang sangat positif ini.

Danrem mengajak masyarakat untuk menjaga dan peduli terhadap lingkungan  dan alam ini, sesuai slogan “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita”, slogan ini menunjukkan begitu pentingnya kita menjaga alam ini. Bahkan dihadapan masyarakat Lelamase, Danrem menceritakan jika saat-saat dirinya kecil, tidak ada bencana seperti sekarang, semua ini menurut Danrem karena Para Leluhur kita dulu dapat menjaga bahkan mampu berbicara dengan alam, sehingga alam pun menjaga dirinya, pungkas Danrem. (inc)