Incinews.net
Sabtu, 04 Mei 2024, 21.19 WIB
Last Updated 2024-05-05T13:32:17Z
KampusKota MataramPemprovNTBUIN

Kampus UIN Mataram Buka Layanan Sertifikasi Halal Bagi UMKM Untuk Desa Wisata di NTB

Foto: Usai Kick Off WHO 2024 di desa Kediri.

MEDia INSAN CITA (inciNews.net) MATARAM- 

Lembaga Halal Center Kampanye Peningkatan Penggunaan Produk Halal (KP3H) Kampus UIN Mataram  menggelar Kick Off Wajib Halal Oktober (WHO) 2024, dengan membuka dan memberikan layanan sertifikasi halal On the Spot di 41 desa wisata bagi para pelaku usaha (UMKM) yang ada di wilayah Nusa Tenggara Barat. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari WHO 2024 yang digelar Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) secara serentak di 3.000 desa wisata pada Sabtu, 4 Mei 2024 di seluruh Indonesia. 

LP3H UIN Mataram memusatkan kegiatan Kick Off WHO 2024 di desa Kediri, Lombok Barat. Kegiatan ini dihadiri 150 peserta dan dibuka Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag. 

Rektor UIN Mataram pada  kesempatan tersebut menyampaikan, dipilihnya desa Kediri, sebagai pusat pencanangan Kick Off WHO On the Spot layanan sertifikasi halal, karena desa Kediri merupakan kota santri dan memiliki UMKM dengan jumlah yang signifikan. 

"Diharapkan ke depan menjadi desa percontohan dalam pengembangan ekosistem halal khususnya produk makanan, minuman dan jasa,"sebut Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag dalam sambutanya. 

Ia juga menegaskan, bahwa tujuan Kick Off WHO, ini untuk memberikan informasi secara masif kepada seluruh masyarakat (konsumen) dan  pelaku usaha (UMKM) dalam memproduksi makanan dan minuman yang akan dipasarkan di masyarakat wajib bersertifikat halal yang diterbitkan oleh BPJPH, memberikan layanan kepada para pelaku usaha (UMKM) secara langsung (on the spot) dalam mendaftarkan produk usahanya melalui layanan pendaftaran sertifikat halal, dan memberikan layanan konsultasi halal bagi masyarakat, steakholder berkaitan produk halal dan proses pembuatan sertifikat halal baik melalui jalur selfdeclare dan reguler. 

"UIN Mataram akan selalu terdepan dalam mengembangkan ekosistem halal khususnya Nusa Tenggara Barat, dan terus akan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, pemerintah daerah, organisasi keagamaan dan kemasyarakatan. Lembaga Halal Center UIN Mataram akan menjadi pilihan, karena sangat didukung oleh sumber daya manusia, sarana dan fasilitas yang sangat memadai. Misal saja, dalam penerimaan calon mahasiswa, UIN Mataram tahun ini menempat tiga besar dari 58 UIN/IAIN," terang Masnun.

Kegiatan Kick Off WHO oleh UIN Mataram mendapat apresiasi dari Tim BPJPH dan Satgas Halal NTB, Camat Kediri, yang turut hadir memantau dalam pelaksanaan kegiatan. Fitri, mewakili BPJPH sangat berterima kasih atas upaya Rektor UIN Mataram dalam mendukung pelaksanaan Kick Off WHO serentak di 3.000 desa wisata yang diinisiasi BPJPH bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.