Incinews.net
Senin, 04 Maret 2024, 16.51 WIB
Last Updated 2024-03-05T08:54:30Z
MataramNTBPemerintahan

Dinas Ketenagakerjaan Provinsi NTB Buka Rekrutmen Dan Seleksi Nasional Magang Ke Jepang

Foto: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi, S.Sos., MH.


MEDia INSAN CITA (inciNews.net)
MATARAM -

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB membuka Rekrutmen dan Seleksi Nasional II Program Pemagangan Ke Jepang 2024 Senin (4/3/2024).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos., MH., menjelaskan bahwa proses seleksi magang Jepang sangat ketat karena mengutamakan kualitas SDM.

Menurutnya, ada 3 hal yang harus dipenuhi untuk sukses magang ke Jepang. Pertama bisa berkomunikasi dengan teman kerja atau pihak lain. Kedua, membangun kemitraan dan jaringan yang baik. 

Ketiga, penting menguasai bahasa Jepang dan budaya. Jika tidak bisa berkomunikasi dengan benar, ketika ada masalah akan sulit dicarikan solusinya. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari bahasa dan budaya setempat.

“Mempelajari bahasa asing adalah keharusan untuk bekerja di luar negeri. Namun demikian, adik-adik harus tetap memegang teguh jati diri bangsa,” tegas Aryadi.

Mengakhiri sambutannya, Aryadi berpesan bahwa menjadi orang sukses harus memiliki tekad yang kuat. Alumnus magang Jepang asal NTB dikenal memiliki disiplin dan multitalenta.

“Ini yang harus dipertahankan. Semoga adik-adik lulus semua dan harus berjanji pada diri sendiri untuk selalu disiplin dalam mengikuti setiap tahapan seleksi hingga proses magang di Jepang nanti,” pungkasnya.