Incinews.net
Jumat, 02 Februari 2024, 15.45 WIB
Last Updated 2024-02-28T03:52:38Z
DPRDKabupaten Lombok TimurNTBPemerintahan

Jum'at Salam, Sekretariat DPRD NTB Mendapatkan Banyak Aspirasi dari Warga Lotim

Foto: Kegiatan Jum'at salam Sekretariat DPRD NTB.


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK TIMUR -


Tim Jum'at salam Sekretariat DPRD Provinsi NTB mendapatkan aspirasi warga masyarakat saat menggelar Jumat salam ke-12 di Desa Aikmel Barat, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur, Jumat (2/2/2024).


Kegiatan jumat salam tersebut untuk menyerap berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat sebagai bahan pertimbangan realisasi program pemerintah provinsi NTB kedepannya. Kegiatan ini ikut dihadiri tim Sekretariat DPRD Kabupaten Lombok Timur untuk bersama-sama mendengarkan persoalan yang ada di desa dengan masyarakat setempat.


Dalam diskusi tersebut, berbagai masukan muncul dari kalangan masyarakat, terutama dari Kepala Desa Aikmel Barat, Mulyadi.


Mulyadi menuturkan, Desa Aikmel Barat berbatasan dengan Desa Toya (sebelah utara, red), kemudian Desa Aikmel di sebelah timur, selanjutnya sebelah selatan ada Desa Kalijaga dan sebelah barat Desa Lenek.


Dimana Desa Aikmel Barat ini terdiri dari lima dusun, yakni, Banjarsari, Banjarsari Lauk, Pungkang Daya Baru, Pungkang Daya, Pungkang Lauk dengan jumlah penduduk sebanyak 5.500 jiwa.


“Mata pencaharian masyarakat disini ada pedagang, petani, peternak ikan, peternak sapi, tukang, home industry jajan dan kerupuk. Kami memiliki potensi pariwisata tapi masih belum digarap karena minimnya dana,” tuturnya di hadapan tim jumat salam Setwan NTB.


Kades juga membeberkan persoalan yang dihadapi masyarakat seperti kelangkaan pupuk, pembagian bantuan sosial karena masih menggunakan data lama, masalah air bersih, irigasi pertanian, harga ikan tidak bisa naik sedangkan harga pakan mahal, kemudian terkait kegiatan yang tidak bisa menggunakan dana desa, seperti jalan penghubung ke desa tetangga yang rusak dan tidak pernah tersentuh hingga kini.


“Tolong, bantu kami untuk menyampaikan aspirasi disini kepada para Anggota DPRD Provinsi NTB khususnya Daerah Pemilihan Lombok Timur agar menjadi perhatian,” pinta Kades.


Terkait hal itu, ketua tim jumat salam Sekretariat DPRD Provinsi NTB, Husnussabri, menyarankan kepada Kepala Desa, masyarakat dan perangkat desa untuk memanfaatkan Dana Desa sebagai pendukung pemberdayaan ekonomi desa, UMKM yang mendukung sektor Pariwisata.


“Insya Allah, apa yang menjadi persoalan bapak ibu sekalian disini akan kami tampung dan sampaikan kepada pimpinan,” pungkasnya.