Incinews.net
Jumat, 11 Agustus 2023, 09.25 WIB
Last Updated 2023-08-11T01:29:57Z
KampusKementrianMahasiswaNTBPariwisataPendidikanPoltekpar Lombok

Poltekpar Lombok Gelar Wonder Preneur Fest, Diikuti Pelajar dan Mahasiswa Seluruh Indonesia

Foto: Wonder Preneur Fest bertemakan “Face the Changing Era With Creativity and Inovation”


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK -

Politeknik Pariwisata Lombok gelar kegiatan Wonder Preneur Fest bertemakan “Face the Changing Era With Creativity and Inovation” dari tanggal 10 s/d 12 Agustus 2023. Dengan mengangkat isu strategis yakni Digitalisasi, Budaya dan Lingkungan Berkelanjutan, Produk Halal serta SDM pada Industri Ekonomi Kreatif. Tercatat ada 25 perguruan tinggi serta SMA/K dengan 70 peserta yang berpartisipasi dalam event Wonder Preneur Fest 2023.

Acara Wonder Preneur Fest yang digelar ini sebagai sarana mempertemukan berbagai pelaku usaha yang berasal dari mahasiswa Pariwisata se-indonesia.  Yang dimana kegiatan ini juga dirangkaian dengan sejumlah kegiatan Wonder Preneur Fest meliputi kompetisi, coaching, talkshow, temu investor, panggung kreasi dan hasil project based learning.

Selain berkompetisi, kegiatan ini ajang menjalin relasi usahawan dengan investor untuk bekerjasama dalam mengembangkan serta membangun bisnis dimana peserta kompetisi juga dituntut mampu menciptakan produk dan jasa. 

Kegiatan ini memiliki 2 sub bagian kegiatan utama yakni Wonder Competition dan Preneur Competition. Konsep Wonder Competition merangkul tema “Halal Tourism” yang ditujukan untuk memberikan pembekalan kepada peserta Wonder Preneur Fest dalam menambah ilmu terkait berwirausaha sesuai kebutuhannya dengan menargetkan peserta umum. 

Dengan sub mata lomba meliputi Digitalization, Pesantren Preneur, Moslem Friendly sesuai dengan CoE Poltekpar Lombok. Sedangkan  Preneur Competition menjadi kegiatan inti dalam Wonderful Fest yang menargetkan Mahasiswa 6 Poltekpar dibawah Kemenparekraf/Baparekraf dan seluruh kampus seindonesia yang memiliki program studi pariwisata. Kegiatan ini memiliki 3 (tiga) kategori kompetisi yang akan dilombakan yakni Bussines Idea, Problem Solution Fit dan Pitching serta showcase tenant yang menjual produk barang/jasa mahasiswa Poltekpar maupun UMKM lokal Lombok. 

Acara ini dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. Secara daring beliau menyampaikan Kewirausahaan harus melibatkan inisiatif dalam mengindentifikasi perkembangan untuk menciptakan nilai kretifitas melalui inovasi kreatif.

"Kegiatan ini adalah momen istimewa dimana kita bersama-sama menyatukan Visi Misi untuk mendorong potensi kewirausahaan. Saat ini Kemenparekraf / Baparekraf menargetkan 4,4 juta lapangan kerja dan menargetkan 30% dari lulusan 6 Poltekpar untuk mampu menjadi Entrepreneur,"katanya.

Selain itu, Direktur Politeknik Pariwisata Lombok Bapak Herry Rachmat Widjaja, M.M.Par., CHE, kepada para peserta lomba, bahwa Central of Excellent Poltekpar Lombok adalah Halal Tourism tidak terlepas dari yang di contohkan oleh nabi Muhammad SAW. 

"Bahwa pentingnya berwirausaha,"tegasnya.

Kegiatan tersebut di ikuti Sekertaris Menteri Kemenparekraf/Baparekraf Ibu Dra. Ni Wayan Giri Adnyani, M.Sc., CHE. secara daring. Serta turut hadir juga Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf Bapak Faisal, M.M.Par., CHE secara offline. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini memberikan semangat dalam berwirausaha bagi para mahasiswa untuk memajukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.