Incinews.net
Kamis, 10 Agustus 2023, 00.33 WIB
Last Updated 2023-08-09T16:37:44Z
KampusLombok BaratNTB

Pertemuan FORDAKOM dan PABKI Mengusung Spirit Peradaban Era Media

Foto: Dr. M. Saleh Ending, M.A., selaku Ketua Panitia.


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK :

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram, menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan Forum Dekanat Dakwah dan Ilmu Komunikasi, serta Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam se-Indonesia, yang diselenggarakan pada Rabu-Jumat, 9-11 Agustus 2023 di Merumatta Hotel Lombok.

Peserta yang tergabung dalam pertemuan FORDAKOM dan PABKI ini sebanyak 149 peserta dengan rincian peserta FORDAKOM sebanyak 79 orang merupakan Dekan dan Wakil Dekan dari PTKI se-Indonesia, sedangkan peserta PABKI berjumlah 70 orang mewakili PTKI masing-masing di seluruh Indonesia.

Pembukaan Pertemuan FORDAKOM dan PABKI ini dilaksanakan pada Rabu, 9 Agustus 2023 pukul 20.00 WITA di Merumatta Hotel Lombok. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dirangkai dengan Seminar Internasional dengan narasumber berasal dari Malaysia.

Dr. M. Saleh Ending, M.A., selaku Ketua Panitia menyampaikan selamat datang, dan salam hormat kami atas ditunjuknya UIN Mataram sebagai tuan rumah FORDAKOM dan PABKI tahun 2023.

"Selamat datang, dan salam hormat kami atas apresiasinya menunjuk UIN Mataram sebagai tuan rumah acara FORDAKOM dan PABKI tahun ini." tuturnya Dekan FDIK UIN Mataram tersebut.

Sedangkan Ketua FORDAKOM Dr. H. Ahmad Syarifudin, M.A. memaparkan betapa kita membutuhkan inovasi dan adaptasi yang baik terhadap perkembangan di era 5.0, termasuk soal terobosan AI Artificial Intelligence robotik yang dapat mengganti peran manusia.

"Era 5.0 adalah sebuah kemajuan sekaligus tantangan, apalagi yang berkembang kemarin soal munculnya AI yang berifat robotik, yang dapat mengganti peran manusia. Itu tentu kita butuh adaptasi yang bagus, serta inovasi diri," ungkapnya.

Sementara, Dr. Aep Kusnawan, M.Ag. selaku Ketua PABKI menjelaskan bahwa PABKI yang usianya 5 tahun, berdiri pada 2017 lalu membutuhkan gagasan yang konstruktif dari periode-periode, mulai pada penataan organisasi, profesi yang profesional, networking, advokasi undang-undang, sampai pada level manfaat yang dirasakan oleh masyarakat.

"Sejak berdiri tahun 2017, PABKI sudah berusia 5 tahun. Dimana selama ini PABKI akan konsen untuk pembenahan secara organisasi, profesi, networking, advokasi, dan manfaat kepada masyarakat,"terangnya.

Disisi yang bersamaan Rektor UIN Mataram, dalam hal ini diwakili oleh WR 3 Dr. H. Subhan Abdullah Achim, M.A. menerangkan bahwa dengan adanya pertemuan FORDAKOM dan PABKI ini diharapkan melahirkan gagasan-gagasan layaknya mutiara yang tidak pernah terkontaminasi dengan kotoran yang ada di atas laut. Menjadi pertemuan yang positif dalam membangun peradaban ilmu layaknya laut luas.

"FORDAKOM dan PABKI kita harapkan melahirkan gagasan-gagasan mutiara yang indah dari dasar laut, dan tidak terkontaminasi dengan kotoran yang ada di atasnya. Dan itu tentu membutuhkan hati, dan pemikiran yang luas layaknya laut,"ungkapnya.

Kasubtim Dirjen Pendis Kemenag RI Dr. M. Khaerul Rifai, M.Pd. menjelaskan terkait dengan agenda FORDAKOM dan PABKI bisa mengisi berkontribusi terhadap kemajuan dakwah di era media. 

"Harapan besar kita adalah FORDAKOM dan PABKI bisa berkontribusi besar untuk mengisi dakwah diruang media teknologi,"tuturnya

Ia juga menambahkan bahwa kehadiran FORDAKOM dan PABKI mampu menyampaikan dakwah yang moderat, dan yang bersanad keilmuan.

"Tugas kita untuk saat ini adalah menyampaikan dakwah moderat, dan tentu sanad keilmuannya harus jelas,"terangnya.

Oleh sebab itu Pertemuan FORDAKOM dan PABKI harus melahirkan kesepakatan untuk kemajuan Dakwah, Komunikasi, "dan Bimbingan Konseling yang berguna untuk Agama, serta Bangsa,"tutupnya. (Res/ftr)