Incinews.net
Senin, 26 Juni 2023, 23.30 WIB
Last Updated 2023-08-28T08:04:58Z
GubernurZulkieflimansyahKabupaten Lombok BaratNTBNTBgemilangPertanian

Kunker Ke NTB Didampingi Gubernur dan Kadis Pertanian, Mentan Ajak Antisipasi Kekeringan

Foto: Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Provinsi NTB didampingi Pak Gubernur NTB dan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB.


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK : 

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Provinsi NTB dalam rangka mengikuti Panen Raya Padi di Desa Tempos Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Senin 26 Juni 2023. 

Pada kesempatan itu, Menteri Pertanian (Mentan) yang turut didampingi Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah serta Sekretaris Daerah Provinsi NTB, mengajak seluruh masyarakat untuk mengantisipasi kekeringan akibat badai El Nino yang diprediksi terjadi pada bulan Agustus mendatang. 

“Kami hadir di Lombok Barat ini, untuk memastikan bahwa pemerintah pusat serius dalam menangani urusan pangan ditengah ancaman dan tantangan El Nino, musim kemarau yang panjang ini. Jadi, mari kita hadapi ini bersama,” ungkapnya. 

Mentan menjelaskan, cara menghadapi EI Nino salah satunya adalah dengan mempertahankan debit air. Oleh karenanya, Kementerian Pertanian memberikan bantuan berupa Embung di beberapa titik untuk menampung air. 

"Bapak ibu nanti kita bantu buat embung di sini, sederhana saja kita buat, bisa kok," jelas Mentan. 

Tidak hanya Embung, Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan berupa Benih Padi, Tracktor dan bantuan Kredit Usaha Rakyat dari Bank BUMN. Perlu diketahui, Kecamatan Gerung merupakan salah satu lokasi program IP400, termasuk sentra produksi padi selain Kecamatan Narmada, Kediri, dan Lingsar. Program IP400 merupakan inovasi dalam berusaha tani dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan lahan sehingga bisa tanam/panen empat kali dalam setahun. 

Selain itu, Mantan juga turut meninjau penggemukan sapi dan kambing dalam menyambut persiapan gurban di NTB. Ia puas dan menilai NTB siap dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha mendatang.