Incinews.net
Jumat, 04 Agustus 2023, 07.30 WIB
Last Updated 2023-08-04T13:51:09Z
ITDCKampusKek MandalikaLombokNTBPendidikanUnram

ITDC Gandeng UNRAM Bangun Kerjasama Riset

Foto: Rektor Unram saat menerima kunjungan President Direktur ITDC.


INSAN CITA (inciNews.net) MATARAM -

Dalam rangka untuk memaksimalkan potensi dan meningkatkan pola kesejahteraan masyarakat di kawasan Mandalika, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) gandeng Kampus Universitas Mataram (Unram) kerjasama riset.

President Direktur ITDC, Ari Respati mengatakan keinginannya yang besar untuk berkolaborasi dengan Universitas Mataram (Unram). 

“Kami sangat ingin bermitra dengan Unram, juga meneliti bagaimana meningkatkan pola kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya, saat menemui Rektor Unram, pada Kamis (3/8/2023) di Ruang Sidang Rektor, Lantai Il Gedung Rektorat. 

Kunjungan tersebut untuk menginisiasi kolaborasi riset antara Unram dengan ITDC. 

Sementara, Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M. Agr St., Ph.D., menyampaikan bahwa ITDC memang harus konsen dengan masyarakat sekitar. 

“Jika kita melihat masyarakat di sekitar ITDC Mandalika, seperti petani dan peternak. Kita bisa melakukan riset untuk membantu petani disana untuk menyuburkan lahan mereka, karena sebagian besar lahan disana merupakan lahan kering,” ujar Guru Besar Fakultas Pertanian itu. 

Menurut kacamata para peneliti Unram, hamparan lahan kering masyarakat Lombok Selatan belum dimanfaatkan secara optimal. 

Untuk itu, Unram memberikan banyak tawaran riset yang siap dilakukan oleh para peneliti Unram dalam pengembangan pariwisata Indonesia khususnya NTB.