Incinews.net
Sabtu, 05 Agustus 2023, 15.47 WIB
Last Updated 2023-08-05T07:59:40Z
KampusLombok TimurMahasiswaNTBUnram

Dorong Produksi Susu Kambing, BEM Peternakan Unram Beri Pelatihan ke Peternak Desa Boyemare di Lotim

Dalam rangka upaya peningkatan SDM.


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK -

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas Sumber daya manusia (SDM) bagi petani ternak Kelompok wirausaha peternakan di Desa Boyemare Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Mataram (Unram) bersama  tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) 
pada Jum’at, (4/8/2023) siang memberikan pelatihan peningkatan produksi susu kambing peranakan etawa (PE).

Kegiatan dengan mengangkat tema “Pelatihan Budidaya Kambing PE sebagai Kambing Dwiguna” turut dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa Boyemare, Praktisi serta seluruh anggota kelompok “Pandan Gero” dan kelompok “Maju Terus”.


Ketua tim PPK ORMAWA, Saddam Isnal Ude mengatakan kegiatan ini terdiri dari Pelatihan Pembuatan Pakan Konsentrat dan Silase serta Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dari Limbah Ternak Kambing. 

“Adanya program ini untuk mendorong produksi susu kambing PE sebagai Agribisnis Kambing Perah melalui Teknologi Tepat Guna, artinya teknologi sesuai dengan lingkungan,” ucap Saddam Isnal.

Lebih lanjut mahasiswa semester 7 ini
menekankan komitmen bersama tim dan seluruh kelompok wirausaha peternakan, serta pihak terkait agar berkolaborasi nyata untuk menjadikan desa ini sebagai contoh pemrakarsa wirausaha peternakan kambing perah. 

"Kita tidak ingin hanya sekedar teori saja, tapi hal ini sebagai wujud bentuk komitmen dan keseriusan kami dalam dalam wujudkan pengembangan kambing perah,"terangnya.

Kades Boyemare, Muhamad Amin, S. Pd mengapresiasi antusiasme peternak pada pelatihan ini sangat tinggi dan memiliki potensi untuk bekerja sama melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dengan ketentuan kelompok harus  memiliki legalitas yang sah.

“Kami sangat bersyukur atas kegiatan ini, sehubungan dengan masyarakat kami di Desa Boyemare. Hari ini saya lihat antusias kelompok ternak sangat luar biasa, Insyaallah kedepannya Pemerintah Desa memiliki alas hak untuk menganggarkan hal hal yang seperti ini,” jelas Muhamad Amin.

Sementara itu, Praktisi Budidaya Kambing PE, Muhammad Khalid Rozani, S. Pt., menjelaskan pengembangan peternakan harus terus ditingkatkan melalui transfer knowledge dari kampus ke masyarakat terutama peternak. 

“Adanya perubahan dan pengembangan peternakan lebih lebih di masyarakat kita, harus kita bantu dari macam - macam elemen, termasuk mahasiswa.” tutur Rozani.

Lanjutnya, Rozani berharap peternak mampu menerapkan formulasi pembuatan pakan dan pemanfaatan limbah kambing PE sebagai pupuk organik menjadi peluang untuk meningkatkan ekonomi peternak. 

Lulusan Sarjana S1 Peternakan itu menegaskan kepada mahasiswa, diperlukannya kegiatan yang sustainable untuk membantu pemasaran produk dari kelompok ternak, baik produk kompos maupun produk lainnya. 

“Tentu, tidak hanya sampai disini saja, peternak sudah tau peluang - peluang pembuatan pakan, pemanfaatan kompos dan harus ada tindak lanjut dari teman-teman mahasiswa  untuk ikut membantu bagaimana hasil produk yang sudah dibuat bisa keluar,” kata Rozani saat hendak meninggalkan lokasi.

Disisi lain, Ketua Kelompok Pandan Gero, Muhammad Irham menerangkan jumlah peternak pada kelompok tersebut sejumlah 32 peternak dan jumlah populasi ternak 350 ekor.

“Kaitannya dengan pelatihan ini, ini sangat mendidik untuk kita yang masih pemula. Pokoknya apapun bentuk-bentuk usaha khususnya di bidang peternakan Insyaallah kita sama-sama memajukan,” ujar Irham.