Incinews.net
Minggu, 02 Juli 2023, 03.01 WIB
Last Updated 2023-08-28T10:48:46Z
GubernurZulkieflimansyahNTBNTBgemilangPertanian

1 Ton Vanili Organik Hasil Pertanian Petani NTB Dikirim Luar Negeri

Foto: Wakil Gubernur NTB saat lepas ekspor vanili organik sebanyak 1 ton dengan total nilai Rp. 1,4 Miliar. Turut dihadiri Asisten II Setda Provinsi NTB , Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB dan perwakilan Bank Indonesia. 


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK -

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah melepas ekspor vanili organik sebanyak 1 ton dengan total nilai Rp. 1,4 Miliar. Pelepasan ekspor ini diselenggarakan dalam acara Koordinasi Gratieks di Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Mataram Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, Kamis 1 Juni 2023. 

"Dengan tanah yang sangat subur, potensi yang luar biasa, termasuk vanili yang menjadi potensi yang sudah kita temukan ini, kemudian kita seriusi, ini menjadi semangat yang luar biasa untuk kita," ucap Wagub. 

Melihat hasil vanili yang terus mengalami peningkatan sejak 3 tahun terakhir, Wagub merasa senang dan juga berpesan agar saat ini yang perlu dilakukan yakni memberikan pembinaan yang lebih masif dan luas lagi kepada para petani. 

Lebih lanjut, ekspor vanili ini dilakukan oleh komoditas vanili yang diketuai oleh Mohir. Vanili yang hasilkan oleh komoditas ini telah memiliki standar internasional sehingga memiliki peluang besar dalam bergerak di pasar global. 

Kepada Mohir, Wagub mengucapkan terima kasih juga apresiasinya atas kerja keras juga kerjasamanya bersama petani-petani vanili. 

"Mudah-mudahan ini bisa semakin luas sehingga tidak hanya di Lombok Timur binaannya, nanti di kabupaten-kabupaten lain juga ya lebih luas lagi, lebih produktif lagi," tambahnya. 

Terakhir, Wagub berharap kualitas dari vanili ini dapat terus meningkat, serta semangat dari seluruh elemen terus terjaga sehingga apa yang diikhtiarkan bersama dapat terwujud. 

"Selamat untuk semua, semoga semangat ini bisa kita jaga terus," tutupnya.