Incinews.net
Kamis, 27 Juli 2023, 21.30 WIB
Last Updated 2023-07-27T17:53:15Z
KesehatanNTBPemerintahanPendidikanSumbawa

Bappenas RI Pantau Langsung Pelaksanaan Posyandu Gotong Royong di Sumbawa

Foto: Perwakilan dari Bappenas RI saat meninjau langsung pelaksanaan salah satu Posyandu Gotong Royong Mawar Putih 1 di Sumbawa Barat 


INSAN CITA (inciNews.net) SUMBAWA -
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas) pantau langsung pelaksanaan posyandu Gotong Royong di Kabupaten Sumbawa Barat.


Tim turun meninjau langsung pelaksanaan salah satu Posyandu Gotong Royong Mawar Putih 1 yang berada di Desa Kalimantong Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat. Pada kamis (27/7/ 2023). Untuk memastikan apakah layanan yang tertuang dalam komitmen berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat atau tidak.


Perwakilan dari Bappenas RI memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, melihat bahwa Kabupaten Sumbawa Barat mempunyai wawasan ke depan, dan semoga apa yang dilakukan sekarang ini dapat menjadi best praktik yang bisa di replikasi ke Daerah lain.


"Ternyata KSB mampu mengembangkan inovasi yang bisa menjadi kegiatan menarik di ajang Open Government Partnership (OGP) global nantinya. KSB sudah bisa mengemas Yasinan tidak hanya kegiatan keagamaan tetapi juga bisa menjadi forum pengaduan. Dan ini perlu kita jaga keberlanjutannya," ungkap Priyanto Rahmatullah.


Priyanto mengatakan, Ini bagian dari OGP Lokal yang kerjasama di washinton karena Indonesia menjadi anggota OGP, apa yang menjadi inovasi pemerintah daerah perlu terus kita dorong karena kita mengetahui ke depan ini masyarakat golongan menengah pasti ingin besar sehingga mereka menuntut pemerintah selalu terbuka semakin transparan dalam pelayanan publik.


"Contoh kecil saja seperti di Posyandu Gotong Royong Mawar Putih 1 Desa Kalimantong tapi nyata bagaimana pelayanan publik dilakukan secara terbuka dan kondusif melibatkan masyarakat yaitu Agen Gotong Royong (AGR)," terangnya


Ia menambahkan, kita melihatnya inovasi delivery nya apakah pelayanan itu sampai ke masyarakat,karena di beberapa daerah juga mempunyai inovasi yang lebih bagus dan di harapkan daerah -daerah bisa saling belajar 


"Contoh Kabupaten Sumbawa Barat dengan Kabupaten Sumedang saling sering atau Studi banding," tuturnya