Incinews.net
Kamis, 15 Juni 2023, 20.30 WIB
Last Updated 2023-06-15T23:30:11Z
KampusNTB

Satu Tahun Lebih Jadi Rektor Unram, Prof Bambang Dinilai Sukses Cetak 31 Guru Besar

Foto: Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Mataram Profesor Dr. Ir. Sitti Hilyana, M.Si.


"Saat ini Unram Cetak 85 Guru Besar, 60 Persenya Dijaman Prof Bambang"



INSAN CITA (inciNew.net) MATARAM -Kampus Universitas Mataram (Unram) 
kembali menambah 4 guru besar atau Profesor baru dari berbagai bidang ilmu.

Dengan bertambahnya 4 guru besar maka Unram telah memiliki 85 guru besar. Sehingga selama menjabat kurang dari dua tahun dibawah Kepemimpinan Prof Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.,St.,Ph.D Unram sudah melahirkan 31 guru besar yang sebelumnya Unram hanya memiliki 45 guru besar.


Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Mataram menyampaikan ucapan selamat kepada teman-teman yang atas prestasinya yang sudah di raih.


"Bertambahnya keempat profesor baru ini Unram diharapkan bisa semakin membawa berkah dan kemajuan bagi Kampus Unram ke depannya," kata Profesor Dr. Ir. Sitti Hilyana, M.Si. Saat ditemui di Auditorium M Yusuf Abubakar Unram. Kamis (15/6/2023).


Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D.


Selain itu, Sitti Hilyana yang merupakan Guru Besar satu-satunya di Indonesia dalam Bidang Ilmu Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut ini mengungkapkan, hingga saat ini jumlah guru besar Unram satu tahun tiga bulan saat Rektor dijabat Prof Bambang penambahannya sangat signifikan. 


"Sebelum pak Prof Bambang menjabat jadi rektor jumlah guru besar sebanyak 54 orang, sekarang telah mencapai 85 orang guru besar, sehingga dari jumlah tersebut yang jadi guru besar selama satu tahun tiga bulan beliau menjabat  sudah 31 satu orang atau sekitar 60 persen,"katanya.


Tidak hanya guru besar yang bertambah sambung ia, begitu juga dengan Lektor Kepal meningkat signifikan, misalnya dari lektor ke lektor kepala, dari yang misalnya Asisten Ahli ke Lektor itu juga sangat banyak.


"Dan hampir setiap minggunya ada usulan kenaikan pangkat dari dosen-dosen,"katanya. Sembari menyampaikan Total dosen Unram sendiri lebih dari 1.500 dosen dengan 72 progam studi dari semua fakultas dan jenjang yang terdiri dari S1,S2 dan S3.


Dia berharap jumlah profesor di Unram akan terus bertambah dan semakin produktif dalam menghasilkan publikasi ilmiah. "Mungkin sebentar lagi bisa tembus 90 sekian orang guru besar yang akan dimiliki Kampus Unram,"terangnya.


Adapun nama-nama guru besar baru di  Unram yang keluar SK Dipertengahan Juni 2023;


1. Prof. Dr. Ir. Sitti Hilyana, M.Si. sebagai Profesor/ Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut 


2. Prof. Dr. Ir. Erwan, M.Si. sebagai Profesor/Guru Besar dalam Bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak 


3. Prof. Dr. Ir. Syamsul Hidayat Dilaga, M.S. sebagai Profesor/Guru Besar dalam Bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak 


4. Prof. Drs. Kamaludin, M.A., Ph.D. sebagai Profesor/Guru Besar dalam Bidang Ilmu Linguistik.