Incinews.net
Kamis, 08 Juni 2023, 11.00 WIB
Last Updated 2023-06-09T11:25:43Z
NTBPoldaPolres

Aksi Copet Emak-Emak Asal Lotim Warnai Pelepasan Jemaah Haji di Kantor Bupati Loteng

Foto: Terduga pelaku yang diamankan polres Lombo Tengah (Loteng)


INSAN CITA (inciNews.net) LOMBOK TENGAH - Emak-Emak kawanan copet asal Lombok Timur (Lotim) gelar aksi copet saat pelepasan Calon Jemaah Haji (CJH) di Kantor Bupati Lombok Tengah (Loteng), Rabu (7/6/2023).

Kawanan copet yang terdiri dari pria dan wanita atau emak-emak berjumlah lima orang berhasil diamankan Personel Polres Lombok Tengah.

Kasat Reskrim Polres Lombok Tengah IPTU Hizkia Siagian, SIK dalam keterangan tertulisnya mengatakan, kawanan copet tersebut melancarkan aksinya saat acara pelepasan jemaah haji berlangsung. 

"Para pelaku melancarkan aksinya ketika acara pelepasan Jemaah haji dan menyasar para pengantar atau pengunjung," kata Hizkia, di Praya, Kamis (8/6/2023). 

Ia menjelaskan, komplotan copet tersebut berjumlah lima orang diantaranya tiga orang perempuan inisial R (50), U (50), S (55) dan dua orang laki-laki inisial M (58) dan S (56). 

"Dimana semuanya berasal dari Kabupaten Lombok Timur,"ungkapnya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat agar waspada dengan barang bawaan saat saat mengikuti kegiatan pelepasan JCH ke depannya, sehingga tidak terjadi hal yang sama seperti para korban yang kehilangan Hp dan uang.

"Kita imbau warga tetap waspada dan menjaga barang bawaan saat melakukan aktivitas di tempat keramaian," katanya.

Informasi yang didapatkan kawanan copet tersebut beraksi dengan modus menjadi pengantar Jemaah.

Mereka pun ikut berdesakan dengan pengantar jemaah lainnya, begitu korban lengah baru mereka mengambil barang berharga milik korban berupa Hp dan uang.

Namun, aksi pelaku dilihat oleh warga lainnya, sehingga langsung diamankan dan dibawa ke Polres oleh aparat untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. 

"Komplotan copet tersebut berhasil diamankan oleh anggota, berawal dari laporan salah satu perempuan inisial P (23) Tahun (korban) asal Praya. Untuk saat ini para pelaku masih kita lakukan pemeriksaan untuk diproses lebih lanjut" ujar Kasat Reskrim. 

Hizkia menuturkan, dari tangan pelaku anggota kami berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa sembilan unit hand phone berbagai merek. 

"Anggota juga berhasil mengamankan sembilan HP," ujar Kasat Reskrim.