Incinews.net
Sabtu, 18 Februari 2023, 23.00 WIB
Last Updated 2023-02-20T08:02:07Z
KoniNTB

PORPROV NTB Resmi Dibuka, Gubernur Zul: Warisan Terbesar Pekan Olahraga Adalah Persahabatan dan Persaudaraan

Foto: Ketua Koni NTB Mori Hanafi Saat Menyambut Kedatangan Gubernur NTB Zulkieflimansyah di lokasi acara Pembukaan Porprov NTB XI

insan cita (inciNews.net) Mataram - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Suwarno yang disaksikan langsung Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, sejumlah Bupati, Walikota se-NTB, Sekretaris Daerah Provinsi NTB dan Ketua KONI NTB, yang berlangsung di Lapangan Sangkareang Kota Mataram, Sabtu, 18 Februari 2023. 

Gubernur NTB dalam sambutannya berpesan kepada seluruh kontingen olahraga se-NTB agar menjadikan PORPROV ditahun ini sebagai ajang menambah sahabat dan memperkuat rasa persaudaraan. la pun berharap atlet NTB kedepannya semakin sukses dalam mengukir prestasi baik dikancah nasional dan juga internasional. 

"Warisan terbesar dari pekan olahraga bukan sekedar mendali emas, bukan sekedar mendali perak,atau mendali perunggu. Tapi warisan terbesar pekan olahraga adalah persahabatan dan persaudaraan," tutur Gubernur. 

Bang Zul juga menuturkan, penyelenggaraan Porprov adalah sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras latihan para atlit selama ini. Pekan olahraga dijelaskan Gubernur sebagai wadah menguji berbagai latihan yang telah dilalui sebelumnya. 

"Hari ini kita menyelenggarakan pekan olahraga sebagai bentuk penghargaan agar latihan perjuangan berat para atlit kita diuji di sini," tuturnya. 

Sementara itu, H. Mori Hanafi selaku Ketua Umum KONI NTB menjelaskan dalam Porprov XI NTB 2023 ini terdapat 35 cabang olahraga, yang mana 1 cabor sudah dimulai desember yang lalu dan 34 cabor dimulai pada hari ini. Terdapat 4690 atlet dan official, 475 pertandingan dan 367 dewan juri dan venue sebanyak 38.

Di akhir sambutannya, H. Mori berharap pertandingan dapat berjalan lancar dan sportif hingga penutupan pada tanggal 26 Februari mendatang.

Upacara pembukaan pesta olahraga terbesar di NTB ini pun berlangsung meriah dengan berbagai atraksi dan hiburan. Pembukaan PORPROV ditandai dengan penyulutan api PORPROV oleh Fadlin yang merupakan atlet kebanggaan NTB dicabang atletik. la didampingi dua atlet berprestasi NTB lainnya, yakni Dewi Lantari atlet cabang olahraga Tolak Peluru dan Alyssa Mutakhara atlet cabang olahraga voli pantai.