Incinews.net
Kamis, 15 Desember 2022, 23.28 WIB
Last Updated 2022-12-15T15:47:29Z
NTB

Komunitas Motor Bima dan Sumbawa Ikut Pecahkan Rekor MURI Donor Darah

Foto: Saat kegiatan berlangsung. Partisipasi tersebut ikut memecahkan rekor MURI.

insan cita (incinews.net) Sumbawa - Komunitas motor Bima dan Sumbawa ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pemecahan donor darah massal. Kegiatan ini di inisiasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) yang dilakukan secara serentak sepanjang November 2022 lalu hingga saat ini. 

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia. Total ada 750 komunitas tersebar di 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur, mereka tergabung dalam Kolaborasi KITA. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi. Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahlawan.

Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894 orang. Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.
Koordinator kegiatan di Sumbawa Edoardo Freitas mengatakan di wilayahnya ada dua komunitas motor yang terlibat, yakni Paksa Hoby Sumbawa, kemudian Sumbawa Motor Club (SMC) Taliwang. Sejatinya banyak lagi komunitas yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang mengambil tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini.

"Secara umum antusiasme komunitas sangat tinggi untuk melaksanakan kegiatan ini," ungkapnya pada Kamis (15/12/2022).

Meski terdapat sebagian tidak bisa mendonorkan darah karena beberapa faktor seperti tensi darah nya yang tidak memungkinkan, namun begitu masih banyak anggota komunitas dari dua klub tersebut yang sukses mendonorkan darahnya. Total ada puluhan kantong darah yang bisa disumbangkan oleh komunitas. 

"Apresiasi kepada semua pihak yang telah Ikut berpartisipasi dan yang sudah berkontribusi sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Terimakasih pula saya sampaikan kepada Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) yang telah menginisiasi dan memberikan kami kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan ini,"ungkapnya.

Terpisah, Yulivan Yahza menyampaikan antusiasme yang sama juga terlihat di wilayah Bima, sejumlah komunitas motor juga ikut terlibat dalam kegiatan donor darah tersebut. Tercatat ada tiga komunitas yakni Kuda Hitam Dompu, kemudian Honda Street Fire Club Indonesia, lalu ada Vixion Riders Bima.

"Rata-rata komunitas yang ikut tahun ini sebelumnya mereka juga ikut berpartisipasi tahun sebelumnya. Kegiatan donor darah ini selalu ditunggu oleh mereka. Donor darah di daerah Bima digelar di dua tempat berbeda, yakni di tempat klub komunitas dan di rumah sakit daerah setempat," jelas Koordinator kegiatan di Bima ini.

Donor darah juga melibatkan masyarakat umum yang sebagian besar merupakan kerabat anggota komunitas dan masyarakat sekitar lokasi kegiatan.

"Terima kasih Kolaborasi KITA yang telah menginisiasi program luar biasa ini hingga tahun ketiga dan berhasil meraih MURI. Semoga di tahun-tahun mendatang komunitas di tanah Bima bisa terus terlibat dengan mengajak lebih banyak partisipan,” imbuhnya.