Incinews.net
Jumat, 16 September 2022, 14.50 WIB
Last Updated 2022-09-19T14:01:12Z

Road Dan Talks Show: Pemerintah Berikan Penghargaan Kepada Para Pelaku UMKM

 

Foto: Saat Penyerahan Perhargaan kepada sejumlah UMKM hari pertama  pada kegiatan Road Show dan Talks show di Kabupaten Bima.


Incinews.net. Road Show dan Talks Show yang digelar di taman panda kabupaten Bima dalam rangka menigkatkan  kualitas  komoditi unggulan dan UMKM kabupaten Bima telah dibuka dan  berlangsung dengan lancar, Kamis, 15/9/2022 lalu.


Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bima bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB, sekaligus berkolaborasi dengan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan berbagai mitra terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima, memberikan warna dan keragaman yang indah dari bentuk Festival kabupaten Bima kali ini.


Disaping itu, sejumlah anggota TNI dan Polri juga turut mengambil peranan  mengamankan jalannya kegiatan, sementara sejumlah OPD yang berkolaborasi berlangsung  juga dengan tertib menempati setiap stand dengan memajang kerajinan khas lokal masing-masing.


Usai digelar pembukaan secara resmi, Gubernur NTB, Bupati Bima dan Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian RI  tampil sebagai pemateri utama Road Show dan Talkshow yang disaksikan oleh jajaran OPD, Camat, Tamu undangan dan masyarakat Kabupaten Bima.

Selain itu, kegiatan yang bertajuk Peningkatan Kualitas Komoditi Unggulan Kabupaten Bima dan Diversifikasi Produk UMKM ini, selain menampilkan ragam Khas Lokal masing-masing OPD, sejumlah  kelompok UMKM lokal Bima juga mendapatkan sejumlah model penghargaan dari Pemerintah.
Salah satunya, UMKM Mbumbu Dungga Ompu Waru asal Desa Kuta Kecamatan Parado, salah satu dari UMKM yang telah mendapatkan penghargaan.

"Lewat Dinas Perindustrian Provinsi dibawah koordinasi Balai kemasan telah melakukan pendampingan dan sumbangan kemasan, berikut prodak kami juga telah diteliti oleh lembaga penelitian Indonesia" Jelas Indriani

Dengan sejumlah upaya pemerintahan, Indriani  juga menjelaskan bahwa dengan sinergi yang dibangun pemerintah terhadap UMKM Bima, pelaku UMKM  Bima kedepan akan terus bangkit dipermukaan. 

"Untuk itu, Kami juga merencanakan untuk membuat prodak Bumbu Dungga ini kedalam kemasan yang lebih apik lagi, yang sesuai dengan perkembangan saat ini". Kata Indriani.