Incinews.net
Jumat, 01 Juli 2022, 21.22 WIB
Last Updated 2022-07-01T13:34:00Z
LombokNTB

Tingkatkan Potensi Guru Loteng, SGI Gandeng Peartree Language-British Council Inggris Adakan Pelatihan


Foto: Peserta Usai Pelatihan.


insan cita (incinews) Lombok Tengah - Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa (SGI-DD) gandeng Peartree Language-British Council (Inggris) gelar pelatihan  peningkatan kompetensi Guru dengan  program NUSANTARA-GO.  

Peserta adalah para guru-guru Bahasa Inggris yang ada di kabupaten Lombok tengah yang sudah memenuhi syarat dan melalui seleksi. Peserta yang karena berhasil lolos seleksi dari Peartree-British Council mendapatkan pelatihan intensif baik secara luring maupun daring, pelatihan tidak hanya dari mentor lokal akan tetapi juga langsung dari native speaker (penutur asli) sekali sepekan.

Kegiatan pelatihan dengan mengangkat tema “Pelatihan Pembuatan E-book dan Penelitian Tindkaan Kelas” bertempat  di MTs NW Al-Mashudin Kawo-Lombok Tengah pada hari Sabtu 30 Juni 2022.

Pematiri diisi oleh Trainer SGI yaitu Al-an Amimah,S.Pd.,M.App.Ling, alumnus magister Universiti Utara Malaysia. Pelatihan sendiri menggunakan hyrid method (sinkron dan asinkron) dimana setelah menyelesaikan pembuatan E-book, peserta diwajibakan mengunggah nya ke dalam Padlet (aplikasi yang biasa digunakan saat ini oleh para traienr untuk menyampaiakn instruksi dan menyimpan dokumen atau tugas dari peserta pelatihan,

"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dan sangat yakin bahwa Bapak/Ibu guru Bahasa Inggris di wilayah Lombok Tengah ini mampu mengimplementasikan materi yang sudah diperoleh dari pelatihan ini", ucap Al-an Trainer dan Mentor Nusantara-Go.

Usai mendapatkan pelatihan pada saat itu juga akan diberi tugas untuk mempraktekkan ilmu yang didapat. 

"Peserta diharuskan mempraktikkan langsung materi yang sudah didapatkan yaitu bagaimana dengan membuat E-book,"ungkap Al-An. Selain berhasil membuat E-book, peserta dapat membuat karya tulis ilmiah dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas, dimana para peserta akan didampingi oleh Tim SGI dan mentor lokal. 

Materi pelatihan ditutup dengan sebuah kutipan yang disematkan oleh Trainer pada slide presentasinya. "Tetap istiqamah apapun tujuanmu, jika itu baik maka perjuangkan, jika itu buruk maka tinggalkan dan lupakan,"tutupnya.