Incinews.net
Rabu, 06 Juli 2022, 18.10 WIB
Last Updated 2022-07-06T10:18:29Z
MataramNTB

Ketika Kadinsos AKA Bereaksi, ACT NTB Berjanji Mulai Hari ini Berhenti Terima Donasi


Foto: Jajaran Dinas Sosial Provinsi NTB saat mendatangi kantor lembaga sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) NTB.

insan cita (incinews) Mataram - Usai kementerian Sosial (Kemensos) mencabut izin pengumpulan donasi ACT atau Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) itu dicabut karena adanya dugaan pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh pihak Yayasan hal itu di tuangkan lewat Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 133/HUK/2022 tanggal 5 Juli 2022 tentang Pencabutan Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan Kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap di Jakarta Selatan, yang ditandatangani oleh Menteri Sosial Ad Interim Muhadjir Effendi pada Selasa 5 Juli 2022. 


Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Sosial NTB memerintahkan jajaran Dinas Sosial Provinsi NTB mendatangi kantor lembaga sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) NTB, pihak ACT berjanji akan menyetop sumbangan dari masyarakat baik secara online maupun diantar ke kantor.


Kadinsos NTB Akhsanul Khalik, mengungkapkan,  setelah didatangi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan PPNS Dinas Sosial NTB kawan-kawan ACT menghormati dan mematuhi SK Kemensos. Dari kantor pusat juga sudah diarahkan untuk menyetop aktivitas.


"Mulai hari ini ACT di NTB sudah menyetop menerima donasi baik yg langsung diantar ke ke kantor ACT maupun melalui online dan semua rekening ACT sudah diblokir,”katannya. Rabu (6/7/2022).


Selainitu, Dinsos NTB meminta agar ACT menarik semua kotak donasi yang dilepas oleh ACT di berbagai titik pertokoan, tempat umum dan keramaian lainnya.


Dalam menarik semua kotak amal yang disebar di berbagai titik tersebut, Pria kelahiran Lombok Timur yang akrab disapa AKA ini menyampaikan, bahwa ACT sendiri akan patuh, namun meminta waktu untuk menarik itu semua.


“Tentu untuk pencarian kotak donasi ini akan kita kawal sampai tuntas,”pungkasnya.