Incinews.net
Sabtu, 28 Mei 2022, 20.12 WIB
Last Updated 2022-05-28T16:05:09Z

Peserta LK II dan SC HMI Cabang Bima Gelar Wisata Epistemologi, Wisata Alam Dan Situs Sejarah Jadi Target Destinasi

Foto Peserta SC saat di Lokasi Uma Lengge


Incinews.net. Kota Bima. Setelah sembilan hari di ruangan menambah asupan nilai dan giji bagi pikiran, peserta Senior Cours (SC) Tingkat Nasional dan peserta Latihan kader II (Intermediate Training) HMI cabang Bima, berikutnya menggelar wisata epistemologi dengan cara mengujungi destinasi sejarah dan alam di Bima.


Peserta yang berasal dari Palembang, Makasar, Samarinda, Lombok Tengah, Dompu dan Bima satu hari usai dikukuhkan berikut langsung berwisata epistemologi, peserta sektar 50 sekian orang tersebar mengunjungi tempat wisata sejarah dan alam di wilayah kota dan kabupaten Bima.

Foto Peserta LK II menggelar tadabur Alam di Lokasi wisata Oi' Fanda 


"Wisata epistemologi yang telah berlangsung sebagai kegiatan non formal bagi peserta pasca latihan, agar peserta dapat memiliki pengalaman secara langsung terhadap wilayah serta khasanah lokal Bima yang tersimpan di dalamnya" Jelas Muaidin Jum"at, 27/2022.


Menurut Muaidin selaku ketua HMI Cabang Bima, peserta LK II dan SC memilih Destinasi yang berbeda sebagai wahana Wisata Epistemologi, tersebar seperti di Kota Bima, Wera, wawo Hingga di Kecamatan sape dan Lambu.

Foto peserta di Telaga Bidadari

"Peserta LK II menggelar Tadabur alam di lokasi Wisata Desa Oi Fanda, sementara Peserta SC mengunjungi Uma lengge, pantai Pink, Tanjung Meriam hingga mempelajari situs-situs sejarah yang menyimpan cerita rakyat yang ada di kecamatan lambu" Jelas Muaidin.


Sementara Suggeng Arianto salah satu peserta asal Cabang Bima yang terlibat dalam kegiatan tersebut, juga menjelaskan warga di sekitar lokasi kunjungan menyambut baik dan menjadi narasumber bagi peserta untuk menjelaskan situs sejarah yang ada, Masyarakat ikut memberikan pemahaman kepada kami tentang sejarah dan cerita rakyat yang tersimpan di masyarakat setempat" Jelas peserta SC asal Cabang Bima ini.

Lokasi Pantai Pink


Ditempat yang berbeda Ketua Bidang Pembinaan Anggota (P.A) dan ketua BPL HMI Cabang Bima juga berpesan agar Wisata Epistemologi yang digelar dijadikan sebagai langkah untuk mendapat pengalaman serta menyusun pengetahuan baru, selain pengetahuan yang diterima selama menjalani masa forum yang telah berlangsung sembilan hari.

Lokasi pantai Bajo Pulo

"Wisata Epistemologi yang digelar tentunya akan berdampak kepada wawasan peserta, targetnya untuk memperoleh pengalaman dan pemahaman  baru tentang kekayaan Nusantara. khusunya kekayaan dari budaya lokal daerah Bima baik dari segi alam ataupun sejarahnya. Mudahan-mudahan langkah yang digelar berfungsi sebagai pertukaran wawasan kedaerahan yang dapat bertransformasi menjadi wawasan ke-Indonesiaan". Ungkap keduanya. (M.A