Incinews.net
Kamis, 26 Mei 2022, 21.43 WIB
Last Updated 2022-05-26T15:18:41Z
MataramNTB

Mori Hanafi Gerak Cepat Serahkan Surat Kesiapan NTB-NTT Jadi Tuan Rumah PON 2028 ke KONI Pusat

Foto: Koni NTB-NTT menyerahkan langsung ke Ketua Umum KONI Pusat Surat Kesiapan Jadi Tuan Rumah PON 2028.


insan cita (incinews) Jakarta - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  dan Nusa Tenggara Timur (NTT) siap menjadi tuan rumah bersama pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 mendatang.

Kesiapan dua daerah itu ditandai dengan
penyerahan surat dan mendaftarkan
secara resmi mengajukan diri sebagai Tuan Rumah Bersama Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII tahun 2028.

Pendaftaran resmi NTB-NTT menjadi tuan rumah bersama pesta Olahraga Nasional (PON) empat tahunan Indonesia itu, dilakukan oleh Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi dan Ketua Umum KONI NTT, Josef A. Nae Soi, yang juga Wakil Gubernur NTT, disaksikan langsung oleh para petinggi KONI Provinsi seluruh Indonesia.

Surat pendaftaran diserahkan secara langsung saat acara halal bihalal KONI Pusat bersama KONI Provinsi se Indonesia, Kamis (26/5/2022), di APM Equestrian Training Camp Balaraja, Tangerang, Banten.

Ketua Umum KONI NTB H. Mori Hanafi SE., S.Comm mengatakan, Duet NTB - NTT adalah calon tuan rumah PON 2028 yang mendaftar paling awal. 

"Surat pendaftaran NTB - NTT diterima langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman, didampingi Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn Suwarno,"katanya.

Pendaftaran untuk calon tuan rumah PON XXII itu sendiri akan dibuka sampai awal Juli 2022. 

"PON bersama Provinsi NTB-NTT 2028 menjadi penting bagi NTB dan menjadi pekerjaan seluruh stakeholder di kedua daerah,"ungkapnya.

Dia menyebut, perhelatan pesta olahraga nasional itu nantinya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pembangunan infrastruktur, terutama pembangunan sarana olahraga.

"Kami berharap PON NTB-NTT dapat berjalan sesuai dengan harapan semua pihak," ujarnya.

Sebelumnya, Rabu (11/5/2022) Mori Hanafi menyampaikan, Provinsi NTB dan NTT saat ini telah memiliki surat dukungan dari 27 provinsi di Indonesia untuk menjadi tuan rumah bersama PON 2028.

"Hal ini tidak terlepas dari kampanye menjadi tuan rumah bersama yang telah dilakukan selama ini," ungkapnya.

Perlu diketahui, surat dukungan dari provinsi lain ini penting bagi NTB dan NTT, tujuannya untuk bisa memenangkan lelang menjadi tuan rumah bersama PON 2028.

"Alhamdulillah, saat ini kita sudah mendapatkan surat dukungan dari 27 provinsi. Insya Allah kalau tidak ada aral melintang dipastikan NTB dan NTT menjadi tuan rumah bersama PON 2028," kata Mori Hanafi.

Ia mengatakan surat dukungan dari provinsi lain ini penting bagi NTB dan NTT agar bisa memenangkan lelang menjadi tuan rumah bersama PON 2028.

"Kalau kita bisa lakukan dan menang. Tentu ini menjadi sejarah buat NTB. Karena menjadi tuan rumah PON itu tidak gampang mengingat banyak daerah lain yang juga ingin jadi tuan rumah PON," ujarnya.

Menurut dia, jika target menjadi tuan rumah PON 2028 terpenuhi maka otomatis target untuk meraih medali juga harus meningkat. Hal ini berkaca pada provinsi yang pernah menjadi tuan rumah PON.

"Kalau PON di Papua kita masuk peringkat sembilan secara nasional, maka paling tidak jika kita menjadi tuan rumah maka target kita harus masuk lima besar secara nasional dan itu sudah realistis," ungkap Anggota DPRD NTB Tiga periode ini.

Selain medali yang bertambah, lanjut Mori kembali menegaskan, tentu saja jika jika NTB dan NTT terpilih sebagai tuan rumah maka akan berdampak positif kepada kedua provinsi.

Salah satunya infrastruktur olahraga di kedua daerah akan terbangun. Karena pemerintah pusat pasti memberikan dukungan anggaran untuk pembangunan tersebut.

"Jadi, banyak nilai positif yang didapat kedua daerah jika PON terealisasi. Makanya kita berusaha maksimal untuk jadi tuan rumah, karena itu dukungan masyarakat NTB dan NTT juga sangat penting untuk perjuangan ini," tutupnya.

Sementara itu, hal yang sama di ungkapkan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimasnayah, ia berharap agar Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) Provinsi NTB -NTT bisa bersama-sama dapat memenangkan Bidding PON 2028, sehingga NTB dan NTT dapat menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Tentunya kita beharap agar kita dapat mempertahankan apa yang sudah kita capai kemarin dalam PON sebelumnya,  dan semoga kita memenangkan Bidding PON 2028," tutur Bang Zul.


Bang Zul sapaan akrabnya mengatakan bahwa apabila berhasil meraih Bidding PON 2028 akan banyak infrastruktur yang akan dibangun. Sehingga dapat terus memberikan semangat bagi para putra putri daerah NTB untuk bisa terus melatih diri menjadi atlet profesional yang dapat mengharumkan nama Provinsi NTB dikancah Nasional maupun Internasional.


"Karena kalau kita menang jadi tuan rumah semoga infrastruktur akan dibangun, stadion dsn sebagainya dan menambah semangat untuk menjadi tuan rumah," ungkap Bang Zul.