Incinews.net
Minggu, 13 Februari 2022, 18.52 WIB
Last Updated 2022-02-13T12:06:57Z
MataramNTBOKP

Kepala BRIDA NTB Dorong Kader HMI Bangun Inovasi

Foto: Almni dan Kader HMI

insan cita (incinews) Mataram- Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Mataram menggelar perayaan Milad HMI KE 75 tahun yang dirangkaikan dengan Orasi Ilmiah pada Sabtu, (12/2/2022) di Mataram. 

Orasi Ilmiah yang bertemakan "Peran Tekhnologi bagi Gemerasi Muda" menghadirkan beberapa Orator, yang merupakan Alumni HMI MPO. Diantaranya adalah Kepala BRIDA NTB, H. Wirawan Ahmad dan Kepala Dinas Perpustakaan Daerah NTB Julmansyah. 

Kepala Badan Riset Inovasi Daerah (Brida)
H. Wirawan Ahmad dalam penyampaian orasi Ilmiahnya  mengatakan bahwa peran pemuda dalam perkembangan Industri sangatlah penting. Dikarenakan setiap perubahan industri mulai dati 1.0 sampai pada 4.0 bahkan sudah memasuki 5.0, anak muda harus berperan aktif sebagai upaya memanfaatkan Tekhnologi. 

"Karena itu pemerintah Provinsi NTB mendirikan suatu Badan tekhnologi dan inovasi sebagai sarana untuk menunjang potensi-potensi anak muda di era industri saat ini", tuturnya. 

Ia juga menyampaikan di Milad HMI ke 75 sebagai momentum untuk bangun inovasi kader HMI untuk memanfaatkan tekhnologi sebagai kualitas kader HMI dalam mengikuti perkembangan Industri. 

"Oleh karena Itu, BRIDA NTB bersama permerintah Provinsi mendorong anak-anak Muda dengan cara pengiriman 1000 mahasiswa ke Luar Negeri sebagai bentuk upaya pemerintah di bidang tekhnologi dan Inovasi", ungkapnya. 

Selain itu, orator ilmiah selanjutnya oleh Kadis Perpustakaan Daerah NTB menyampaikan bahwa sebelum beliau ke Mataram, menganggap bahwa tidak ada naungan untuk berhimpun. 

"Tapi Alhamdulillah, adek-adek cabang Mataram ada disini dan saya merasa bangga bisa berhimpun kembali dalam naungan HMI", ungkapnya. 

Ia mengatakan bahwa, tema Milad HMI "Menyonsong 100 tahun Indonesia, refitalisasi HMI Menuju Indonesia Adil, Makmur dan Beradab" adalah suatu gerakan bagi kader-keder HMI dengan mengembangkan inovasi-inovasi melalui gerakan Literasi. 

"Gerakan literasi adalah awal dari pada bangun kreativitas anak muda di bidang tekhnologi dan inovasi. Terutama untuk adek-adek saya di HMI agara selalu memperbanyak literasi untuk menjadi generasi yang adil  makmur dan beradab. 

Sebelum memasuki kegiatan inti orasi Ilmiah, didahulukan dengan kegiatan Pembukaan yang dalam sambutan disampaikan oleh Ketua Umum HMI Cabang Mataram Eko Saputra dan Ketua Badko HMI Bali Nusra. 

Kegiatan yang digelar di Taman Budaya NTB ini, Turut hadir Ahmad Nur Alam, perintis HMI MPO Cabang Mataram dan H. Zulkipli, serta didampingi para senior/alumni lainnya. Diantaranya ada, Ibrahim Bram dan Saiful Bahri yang merupakan Senior dari HMI Cabang Mataram. Turut hadir juga OKP-OKP sebagai partisipasi dalam merayakan MILAD HMI ke 75. 

Di akhir acara, pemotongan tumpeng oleh H. Wirawan Ahmad Dan Zulmansyah lalu diberikan ke Ketua HMI Cabang Mataram dan di bagikan ke tiap-tiap OKP sebagai syukuran dan doa bersama di Acara Milad HMI ke 75.