Incinews.net
Sabtu, 08 Januari 2022, 22.05 WIB
Last Updated 2022-01-08T14:26:28Z
Lombok BaratNTB

Pakan Ikan Mahal, PW IPEMI NTB Adakan Pelatihan Pembuatan Pakan

Foto: Saat Kegiatan Pelatihan Berlangsung.

insan cita (incinews) Lombok Barat -  Tingginya harga pakan ikan air tawar yang mengalami kenaikan terus menerus, Pengurus Wilayah Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (PW IPEMI) Provinsi NTB menginisiasi menggelar pelatihan pembuatan pakan organik ikan air tawar dengan menggandeng Dinas Perikanan kabupaten Lombok Barat (Lobar) dan Mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Mataram (Mataram), Sabtu (7/1/2022) di villa NR sigerongan Kabupaten Lombok Barat. Ini dalam rangka mewujudkan program Indonesia Mandiri.


Ketua PW IPEMI NTB Hj. Bau Intan menyampaikan, pelatihan ini diselenggarakan bersama Dinas Perikanan kabupaten Lombok Barat (Lobar) dan Mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Mataram (Mataram). 


"Pelatihan ini para pembudidaya ikan diajarkan teori dan praktik pembuatan pakan ikan meliputi pemilihan bahan, penyusunan formulasi pakan, pengolahan bahan baku, penggilingan, pencetakan pakan, dan pengeringan yang dilakukan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari,"bebernya.


Ia mengungkapkan pembuatan pakan ini memanfaatkan bahan baku tepung ikan tapioka dan sisa roti dan mie kadaluarsa.


"Hal ini juga dilakukan untuk menekan biaya produksi budidaya ikan. Diharapkan lahir UKM dan UMKM dan wirausaha di bidang pakan ternak atau perikanan," ujarnya.


Sementara Sekjen PW IPEMI Ajeng Roslinda Motimori mengungkapkan, kegiatan pelatihan tersebut berpotensi menambah perekonomian keluarga. Pihaknya juga mengungkapkan, Pelatihan ini sangat disambut antusias oleh pembudidaya ikan yang selama ini mengeluhkan harga pakan yang semakin tinggi.


"Setelah pelatihan ini diharapkan peserta mampu membuat pakan ikan secara mandiri dengan kualitas yang sama dengan pabrikan,” ujar. (Red/O'im)