Incinews.net
Sabtu, 15 Januari 2022, 23.26 WIB
Last Updated 2022-01-15T15:57:43Z
Lombok BaratNTBPartaiPemiluPilkada

Inilah Nama yang Diusung DPD Partai Gerindra Untuk Capres dan Pilkada NTB 2024

Foto : Saat Jumpa Pers dengan Awak Media di Acara Rekerda DPD Partai Gerindra NTB.

insan cita (incinews), Lombok Barat : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra NTB memunculkan dan mengusung sejumlah nama untuk didorong ikut Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) yang dijadwalkan digelar secara serentak di tahun 2024 mendatang. Keputusan itu ditetapkan melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Aruna Hotel Sengigi, Lombok Barat mulai Jum'at- Sabtu (15-16/1/2022).


Ketua DPD Partai Gerindra NTB Pathul Bahri mengatakan Rakerda ini telah menghasilkan sejumlah rekomendasi terkait nama-nama kader Partai Gerindra yang akan diajukan untuk diusung pada Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang. 


"Ketua Umum DPP Partai Gerindra H. Prabowo Subianto kita dukung dan rekomendasikan jadi calon Presiden di pemilu 2024 nanti," sebut Pathul Bahri.


Sementara yang bertarung di Pilkada (pemilihan kepala Daerah) kita usung Ali Usman sebagai calon Gubernur NTB, untuk calon bupati Lombok Barat kita rekomendasikan Nauvar Farinduan yang saat ini jadi Anggota DPRD NTB, Ketua DPD Partai Gerindra Kabupaten Lombok Utara (KLU) Danny Carter yang saat ini jadi Wakil Bupati (KLU) kita usung sebagai calon bupati Lombok Utara (KLU), dan Daerah pulau Sumbawa kita usung Panji Iwan Dinata sebagai calon bupati Sumbawa Barat, Sementara Wakil Bupati Kabupaten Bima H. Dahlan M. Nur  sebagai calon Bupati. 


"Sedangkan untuk Kota Mataram, Kota Bima dan Kabupaten Dompu masih kosong, sementara Lotim dan Sumbawa Besar ketua DPD nya tidak hadir dan masih dalam penggodokan,"papar Pathul Bahri.


“Tentu semua (rekomendasi) ini akan diserahkan ke DPP dan semuanya merujuk kepada keputusan DPP,” tambahnya.


Pathul Bahri yang juga Bupati Lombok Tengah ini kembali menegaskan bahwa Partai Gerindra mempunyai tolok ukur dan kriteria dalam menentukan kader-kader yang akan direkomendasikan untuk diusung pada pemilu 2024.


"Mereka yang kita usung memiliki integritas, menjadi pimpinan Parai Gerindra baik di tingkat pusat, daerah maupun cabang, mempunyai elektabilitas dan popularitas yang mumpuni," terangnya.


Selanjutnya nama-nama tersebut akan diajukan ke DPP atas petunjuk bapak H. Bambang Kristiono. 


"Dan apapun hasilnya nanti itulah yang terbaik bagi kami masyarakat di NTB khususnya di Partai Gerindra,”imbuhnya.


Sementara Ketua Badan Pengawas dan Disiplin DPP Gerindra Haji Bambang Kristiono (HBK) menegaskan bahwa rekomendasi tersebut bisa saja berubah di menit terakhir menjelang penetapan calon kepala daerah baik di tingkat I maupun di tingkat II.


“Jadi rekomendasi ini bisa saja berubah berdasarkan konstelasi terakhir dari dinamika politik yang ada. Tapi saya pastikan bahwa saran dan masukan yang berasal dari arus bawah tetap menjadi patokan untuk ditetapkan DPP, ” tegas Wakil Ketua Komisi I DPR RI Dapil II Pulau Lombok.


Bahwa hasil rekomendasi untuk para calon kepala daerah dari Partai Gerindra tersebut katanya, untuk bisa menyiapkan diri lebih matang dari awal. Namun yang pasti hasil surveylah yang menentukannya.


“Supaya dikenal juga oleh masyarakat bahwa inilah calon yang diusung oleh partai Gerindra. Insyaallah biasanya, jarang sekali berubah jika direkomendasikan oleh DPD atau DPC meskipun keputusannya dari DPP,” ujar HBK.


HBK meminta agar nama-nama yang akan direkomendasikan tersebut untuk lebih menyiapkan diri lebih awal dalam menghadapi perhelatan pemilihan kepala daerah 2024 mendatang.


Kegiatan Rakerda Rakerda yang mengambil tema “Perkuat konsolidasi, perluas solidaritas menangkan hati dan pikiran rakyat menuju indonesia raya yang adil makmur dan NTB yang berkemajuan" turut dihadiri oleh anggota Badan Pengawasan dan Disiplin Partai Gerindra H. Bambang Kristiono, Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi NTB H. Pathul Bahri, dan sejumlah petinggi Partai Gerindra NTB, serta DPD dan kader Partai Gerindra Kabupaten/Kota se NTB. (Red/O'im)