Incinews.net
Kamis, 27 Januari 2022, 10.41 WIB
Last Updated 2022-01-27T03:41:09Z
MataramNTBPssi

FC Barcelona akan Bangun Sekolah Bola di NTB, Begini Tanggapan Ketua Asprov PSSI Mori Hanafi

Foto: Didepan Ketua Asprov PSSI NTB Bapak Mori Hanafi.

insan cita (incinews), Mataram  - Ketua Umum Asosiasi Provinsi (Asprov)  Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) NTB  Mori Hanafi Angkat Bicara menanggapi manajemen FC Barcelona berencana akan Bangun Sekolah Sepak Bola (SBB) di Lombok NTB.

Pihaknya sangat apresiasi manejemen Klub ternama di Eropa itu memilih NTB untuk mengembangkan potensi persepakbolaan di Indonesia.


“Kita apresiasi rencana itu dan bagus banget kalau itu benar. Dan kalo bisa agar pihak manajemen Barcelona segera datang ke NTB,” ujar Mori, Rabu (26/1/2022) malam.


Pria yang akrab disapa Bang Mori ini juga menilai, klub sekelas Barcelona bangun SSB berstandar internasional di NTB Khususnya Lombok adalah kesempatan emas untuk meningkatkan level kita di kancah nasional maupun internasional.


"Akan memiliki daya tarik tersendiri ketika hal itu benar akan terealisasi, Sehingga semangat masyarakat NTB untuk menggelorakan sepak bola, khususnya dalam mendorong putra-putri setempat untuk mendaftarkan diri dan berlatih sepak bola, sehingga kedepan diharapkan lahir bibit-bibit pesepak bola berkualitas dan profesional, yang bisa mengharumkan nama NTB di kancah nasional maupun internasional," paparnya.


Mori Hanafi yang saat ini juga sebagai Wakil Ketua DPRDNTB tidak ingin berkomentar lebih jauh, karena yang disampaikan pihak Barcelona kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, dalam hal ini Wakil Gubernur Hj Sitti Rohmi Djalilah, masih sebatas pembicaraan secara virtual, bukan pertemuan tatap muka secara langsung.


“Intinya, kita menilai ini bagus buat daerah dan luar biasa kalau itu benar-benar akan terealisasi,” tegas Bang Mori.


Sebelumnya, rencana Klub FC Barcelona akan medirika SBB di NTB terungkap saat Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat komunikasi lewat Zoom Meeting diruanganya dengan manajemen FC Barcelona. Selasa (25/1/2022) kemarin. Dengan didampingi Kepala Dinas Dikpora, Kepala Dinas Pariwisata dan Dikbud NTB.

Wagub NTB sampaikan, rencana mendirikan sekolah bola oleh salah satu klub sepakbola ternama dunia FC Barcelona selain untuk mencari ajang potensi pemain bola internasional juga sebagai wisata. 

Ia mengatakan, NTB sangat terbuka dengan rencana kerjasama ini, mengingat, NTB juga sebagai salah satu provinsi yang akan mengembangkan konsep sport tourism.

"Kami sangat mendukung anak muda untuk mengembangkan bakat olahraga khususnya sepakbola dan terbuka dengan kerjasama mengembangkan sport tourism," ujar Wagub di Ruang Kerjanya. 

Wakil Gubernur berharap, rencana sekolah bola FC Barcelona dapat dimatangkan terlebih dengan rencana investasi sport tourism melalui global sport management mereka. 

"Mohon do’a, semoga pembangunan sekolah bola ini secepatnya kita kerucutkan dan matangkan. Supaya NTB menjadi daerah pencetak pemain profesional di Nusantara bahkan Dunia," sebut Wagub Umi Rohmi.

Stephanie Chen, Head of Business Development - APAC - FC Barcelona dan Diani NM selaku Commercial Partnership Manager, Southeast Asia & Oceania - FC Barcelona menerangkan, konsep sekolah bola yang telah dibangun oleh FC Barcelona di banyak negara dan keberhasilannya selain memperkenalkan kerjasama bisnis yang mengelola komunitas penggemar klub FC Barcelona. 

"Dengan potensi fans Barcelona yang besar di seluruh dunia dan Indonesia sebagai pasar paling potensial akan membuat kerjasama bisnis berkembang", ujar Chen. 

Diani NM selaku Commercial Partnership Manager, Southeast Asia & Oceania - FC Barcelona yang juga putri asli NTB ini mengatakan, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh NTB jika hal ini terealisasi, mulai dari pelatih profesional yang berpengalaman, hingga mendatangkan pemain-pemain legendaris FC Barcelona. (Red/O'im)