Incinews.net
Selasa, 18 Januari 2022, 15.40 WIB
Last Updated 2022-01-18T08:58:31Z
DPRDMataramNTB

ASN Disnakeswan Karaoke Saat Jam Kerja, Ketua Komisi I DPRD NTB: Kantor Bukan Tempat Karaoke

Foto: Ketua Komisi I DPRD NTB Syirajuddin, SH.

insan cita (incinews), Mataram - Sejumlah pegawai di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi NTB dipergoki lagi asyik Karokean di kantor disaat jam kerja tidak hanya Karaoke tapi sebagiannya asyik main tennis. Peristiwa itu terjadi sekitar Pukul 9:00 Wita pagi pada hari Jum'at (14/1/2022) kemarin.

Peristiwa tersebut mendapat perhatian dari Ketua Komisi I DPRD NTB Syirajuddin, SH. Ia menyebutkan Kantor bukan tempat karaoke, sangat tidak etis bila jam kerja gunakan untuk hal-hal yang begituan. Tindakan tersebut tidak patut untuk ditiru dijadikan contoh tauladan yang baik, apalagi oleh pejabat Negara. Tindakan para ASN tersebut bila terbukti bisa melanggar disiplin dan kewajiban.


"Jam kerja ya untuk bekerja, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Karaoke pada jam kerja jelas melanggar kewajiban PNS untuk menaati ketentuan jam kerja. Itu masuk pelanggaran disiplin PNS, kalo hobi Karokean jangan dikantor saat jam kerja, cari tempat lain," ujar Syirajuddin, Kepada media ini, Selasa (17/1/2022).

Duta Partai Berlambang Ka'abah tersebut  sangat menyayangkan ada karaokean dan olahraga di kantor pemerintah daerah. Meskipun Hal tersebut dilakukan oknum ASN ataupun Staff, menurutnya hal ini sudah diluar asas kepatutan. Apalagi dilakukan di lembaga pemerintah.

“Sekali lagi saya sangat menyangkan ada kabar karaokean dan olahraga di Kantor Pemerintah khususnya di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB. Saya meminta Pak Gubernur agar memanggil Kepala Dinas agar di Evaluasi Kinerjanya,” ungkap Syirajuddin

Sirajuddin menyarankan kepada ASN agar jam kerja digunakan untuk bekerja sesuai Tupoksi masing-masing.

“Bekerjalah pada jam kerja, gunakan untuk kerja sesuai Tupoksi masing-masing. Kalau digunakan untuk karaokean itu bukan tempatnya dan kalo mau Karokean cari aja tempat,” tukasnya.

Seharusnya mereka dapat memahami kondisi masyarakat. Bukan malah mengabaikannya dengan asyik berkaraoke disaat jam bekerja.

“Mereka digaji oleh APBD yang merupakan uang rakyat. Sudah sepatutnya mereka melayani masyarakat, bukan sebaliknya,"tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesahatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi NTB Drh. Khairul Akbar M, Si tidak membantahnya, sejumlah pegawai yang lagi Karokean dan Main tenis saat jam kerja di hari Jum'at. Kepala Dinas juga menyampaikan Kepada media ini, agar Peristiwa tersebut ditanyakan ke Sekdis nya. 


"Tanya sekdis, waktu itu saya lagi menghadap pak Sekda. Habis senam , sound masih nyala Dan dimanfaatkan karyawan nyanyi satu lagu dari hape, sedangkan tenis rutinitas setiap jum'at klub peternakan dengan tidak menganggu pelayanan. Lagian hari itu hari jumat," Katanya. 

Sementara dikonfirmasi Sekretaris Dinas  (Sekdis) Disnakeswan Provinsi NTB Rahmadin menjelaskan, pihaknya mengaku butuh kebugaran ditengah padatnya kegiatan.

"Kami adalah manusia biasa yang butuh kebugaran dengan padatnya aktivitas pelayanan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, rupanya setiap hari Jum'at pagi adalah hari olahraga dan untuk bersih-bersih.

"Hari jum'at adalah hari gotong royong dan olahraga,"sebutnya. (Red/O'im)