Incinews.net
Senin, 20 September 2021, 07.14 WIB
Last Updated 2021-09-19T23:14:36Z
BimaDesa

Gelar Penyuluhan Hukum, Pemdes Bertekad Jadikan Sondo Desa RAMAH Anak dan Perempuan

 


Bima,Incinews,Net- Pemerintah Desa (Pemdes) Sondo Kecamatan Monta Kabupaten Bima terus berupaya dan bertekad menjadikan Desa setempat sebagai Desa yang Ramah terhadap anak dan Perempuan.

 

Salahsatu upaya yang dilakukan yakni melaksanakan penyuluhan hukum mengangkat tema Arah Kebijakan Pemdes Sondo dalam Perlindungan Perempuan dan Anak di aula Kantor Pemdes setempat, Kamis (16/9/2021).

 

"Kegiatan ini sebagai bentuk upaya Pemdes Sondo menterjemahan visi dan misi besar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima terkait dengan Kabupaten Layak Anak (KLA)," ungkap Kades Sondo.

 

Menurutnya, jika Presiden dengan visi Indonesia Maju, Gubernur NTB dengan NTB Gemilang dan Bupati Bima dengan  Bima Ramah jilid II. Maka dengan demikian, Sondo harus menjadi Desa Ramah Anak di Kabupaten Bima.

 

"Di Desa Sondo kita memiliki Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial ( LPKS) Insan Cita Bima di Ketua  Muhammad yang sudah membina anak sebanyak 53 orang," ujarnya.

 

Selain itu juga lanjut Jedo sapaan akrabnya, di Kabupaten Bima kasus kekerasan terhadap Perempuan dan anak cukup tinggi. Diharapkan kegiatan itu bisa dipahami secara utuh peran dan kewajiban orang tua terhadap anak.

 

"Ketika sudah dipahami, kasus kenakalan remaja dan kekerasan terhadap anak di Desa Sondo bisa diminimalisir," ujarnya.

 

Sementara Ketua BPD Desa Sondo Maman Inci mengapresiasi kegiatan penyuluhan hukum tentang perlindungan Perempuan dan Anak itu. Menurutnya hal itu sebuah langkah maju Pemdes untuk meminimalisir kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kabupaten Bima lebih khususnya di Desa Sondo.

 

Dari hasil pantauan wartawan media ini kegiatan penyuluhan hukum dihadiri Ketua Sekertaris LPA Kabupaten Bima Syafrin. Sebagai Panelis, Kabid BKKKB Hj.Ramlah, Pekerja sosial perlindungan anak Kabupaten Bima Abd Rahmat.SST dan Kisman,SH praktisi hukum.

 

Sementara pesertanya antara lain perwakilan siswa SMAN 2 Monta, Ketua PKK Pemde Sondo dan anggota Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD). (Maman)