Incinews.net
Kamis, 19 Agustus 2021, 07.29 WIB
Last Updated 2021-08-18T23:29:28Z

Program Sanimas Maria Wawo Rampung Sekitar Oktober

 


Bima,Incinews,net- Pengerjaan Program sanitasi berbasis masyarakat (SANIMAS) oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Karawi Sama, yang berlokasi di Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima,telah mencapai progres 60%.

 

Perlu diketahui Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyediakan sanitasi layak bagi masyarakat dan meningkatan kualitas di bidang sanitasi khususnya dalam menyediakan prasarana pengolahan air limbah maupun memperbaiki sistem sanitasi yang telah ada. Sehingga pencemaran lingkungan dapat terhindarkan dan tercipta kondisi lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman, ungkap Eka Cipta Suryatmana, selaku tenaga fasilitator Lapangan Program SANIMAS Desa Maria.

 

“ Pengerjaan Program SANIMAS Desa Maria sudah mencapai 60%”, Ujarnya beberapa waktu yang lalu. Dilokasi pekerjaan dilaksanakan.

 

Eka cipta yakin pekerjaan akan rampung seluruhnya di bulan oktober ini.

Kepala Desa Maria, Imran Ibrahim, juga sangat berharap Program Sanimas ini akan sukses dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Maria yang menjadi penerima manfaat.

 

"Program Padat Karya ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan tempat tinggalnya, dengan tidak membuang kotoran disembarang tempat sehingga rentan terhadap penyakit", terang Kades.

 

Dengan begitu akan tercipta lingkungan sehat, dan masyarakat bebas dari stunting, diare, polio dan penyakit lainnya, jelas Imran Ibrahim.

 

Dalam Program Sanimas masyarakat diberdayakan sebagai pelaku utama pembangunan fasilitas sanitasi di desanya, sementara KemenPUPR, melalui Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP), Ditjen Cipta Karya, menyediakan Fasilitator Kabupaten (Faskab) dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) untuk memberikan pendampingan teknis dan administrasi anggaran. (galank)