BPPD Gandeng Bank NTB Syari'ah Gelar Lomba Foto dan Video Tingkat Nasional -->

Iklan 970x250px

BPPD Gandeng Bank NTB Syari'ah Gelar Lomba Foto dan Video Tingkat Nasional

Incinews.net
Jumat, 11 Juni 2021

Foto: Ajang Promosi Wisata Lombok-Sumbawa.

MEDia insan cita, Mataram: Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat menggelar lomba foto dan video tingkat nasional sebagai ajang untuk mempromosikan eksotisme Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.


Ketua BPPD NTB, Ari Garmono, mengatakan kegiatan ini bekerjasama dengan Bank NTB Syariah sebagai BUMD yang mendukung upaya membangkitkan kembali pariwisata NTB sebagai salah satu roda penggerak ekonomi masyarakat melalui pelaksanaan event promosi salah satunya melalui perlombaan foto dan video sebagai media promosi pariwisata yang sangat penting. 


Tema yang diambil dalam kegiatan ini "emerging destination" yang diangkat relevant dengan situasi di mana Lombok-Sumbawa merupakan destinasi baru yang populer di Indonesia dan sedang naik daun, apalagi Mandalika yang ada di Pulau Lombok merupakan DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas) dengan sirkuit MotoGP dan atraksi pariwisata bahari yang menakjubkan. 


"Pelombaan ini diharapkan dapat menarik minat fotografer dan videografer nasional untuk mengirimkan karya terbaiknya yang mendokumentasikan keindahan dan kekayaan daya tarik wisata Lombok-Sumbawa yang sangat luar biasa, dan ini merupakan kegiatan perdana BPPD NTB sebagai salah satu program event promotion untuk meningkatkan citra pariwisata NTB," kata Ari Garmono dalam keterangan tertulis di terima wartawan di Mataram, Jumat (11/6/2021).


Ari menegaskan, melalui perlombaan ini diharapkan dapat mengangkat berbagai daya tarik wisata Lombok-Sumbawa sebagai "emerging destination" di sebelah timur kepulauan Indonesia baik dari keunikan dan keindahan alam, warisan budaya, serta ekonomi kreatif masyarakat NTB. 


"Lomba foto dan video dengan hadiah total Rp100 juta ini mengangkat tiga kategori atraksi yaitu alam atau landscape, budaya (culture/heritage) dan ekonomi kreatif melalui kegiatan dan produk UMKM sebagai upaya mempromosikan hal-hal tersebut melalui media foto dan video baik untuk market domestik maupun internasional," jelas Didie Kusuma selaku Ketua Panitia Perlombaan. 


Ia menambahkan, penggunaan sosial media sebagai media publikasi yang cepat dan massive sebagai media promosi destinasi Lombok-Sumbawa juga menjadi strategi untuk mempublikasikan foto dan video agar dapat mencapai target pasar baik domestik dan internasional. 


Para peserta lomba diwajibkan untuk mempublikasikan di social media yang dimiliki serta men-tag akun sosial media BPPD NTB serta Bank NTB Syariah selaku mitra. Promosi melalui perlombaan ini juga menjadi media kampanye peningkatan kesadaran masyarakat untuk ikut serta dengan aktif mempromosikan pariwisata Lombok-Sumbawa sebagai "face of Indonesia" di mata dunia dengan berbagai keunggulan kompetitif atraksi pariwisata yang sangat beragam serta sebagai tempat pagelaran pertunjukan sport-tourism berskala internasional satu-satunya di Indonesia. 


Pemenang perlombaan ini akan diumumkan pada tanggal 5 Juli 2021 bertepatan dengan Milad Bank NTB Syariah sekaligus momentum untuk melaunching Responsive Digital Ecosystem Platform BPPD NTB serta launching brand dan tagline baru pariwisata NTB yang diinisiasi oleh BPPD NTB bekerjasama dengan Dinas Pariwisata NTB serta stakeholder pariwisata terkait lainnya. (Red/O'im)