Percepat Pembangunan Daerah, Fraksi PKS DPRD NTB Buka Posko Aspirasi Setiap Hari Selasa -->

Iklan 970x250px

Percepat Pembangunan Daerah, Fraksi PKS DPRD NTB Buka Posko Aspirasi Setiap Hari Selasa

Incinews.net
Selasa, 04 Mei 2021
Foto: Fraksi Partai Keadilan Sosial (F-PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Barat (NTB) saat melaunching posko Hari Aspirasi di gedung DPRD NTB di jalan udayana Kota Mataram di Ruang Banggar.

MEDia insan cita, Mataram: Fraksi Partai Keadilan Sosial (F-PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Barat (NTB) melaunching posko Hari Aspirasi di gedung DPRD NTB di jalan udayana Kota Mataram, Selasa (5/5/2021). 

Hari aspirasi bagi warga Nusa Tenggara Barat tersebut bagaimana uneg-uneg warga di NTB bisa tertampung dan dicarikan solusinya bersama. 

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh anggota Fraksi PKS DPRD NTB dan tamu undangan turut dihadiri sejumlah Pimpinan Dewan seperti Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaida, SH, M.Hum dari Partai Golkar. Wakil Ketua I  H. Mori Hanafi, SE,. M, Comm dari Kader Gerindra dan Wakil Ketua III yang juga kader PKS H. Abdul Hadi, S.E., M.M dan sejumlah Fraksi di DPRD.

Ketua Fraksi PKS DPRD NTB, TGH Patompo Adnan, Lc., M.Hum mengatakan, Posko aspirasi ini bukan hanya di NTB tetapi ini berlaku secara nasional. Di mana PKS memiliki hari tertentu untuk menyerap aspirasi yang disebut dengan hari Aspirasi. Sehingga, pada kesempatan itu, Patompo katakan, kami Bentuk posko ini untuk menampung aspirasi masyarakat secara langsung. Aspirasi bisa disampaikan dalam bentuk perseorangan, maupun komunitas masyarakat.

"Dengan adanya posko ini kami harapkan masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat dapat tertampung dan diselesaikan dengan baik, karena kami akan interaksi secara langsung kepada siapa yang menyampaikan dan melaporkan aspirasinya dan kita  konfirmasi secara langsung untuk berikan jawaban secara langsung kepada pihak terkait" ujarnya.

Selain itu, Ia menjelaskan, dengan adanya keterbatasan gerak kita akibat pandemi covid19, nanti aspirasi bisa secara online dengan media sosial, bisa langsung ke posko atau nanti lewat telpon. Karena nanti, Patampo sebutkan ada nomor HP yang bisa di hubungi langsung dan aktif selama 24 jam.

Patompo jelaskan, mekanisme posko ini dibuka satu bulan sekali pada hari Selasa. Masyarakat bisa langsung datang ke Fraksi PKS DPRD NTB dan Fraksi PKS DPRD kabupaten/kota di NTB Nantinya laporan dari kabupaten/kota dapat diteruskan ke DPRD provinsi untuk ditindaklanjuti. 

"Apabila masalah terkait pemerintah provinsi akan kami selesaikan dan disampaikan ke Gubernur NTB, Tapi kalau berkaitan dengan pemerintah pusat, kita akan menjembatani ke Fraksi PKS DPR RI," ujarnya.

Ketua Fraksi PKS DPRD NTB ini, kembali menegaskan, posko ini dibuka untuk menjembatani aspirasi masyarakat NTB di semua sektor baik itu masalah ekonomi, pendidikan, pertanian, politik, infrastruktur, kesehatan. Dengan begitu, kata Patompo masalah di tengah-tengah masyarakat dapat ditangani cepat oleh pemprov dan dewan dan Posko mulai dibuka bulan depan satiap hari selasa. 

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan dan mendatangi posko aspirasi tersebut di DPRD NTB," ujar Anggota DPRD Dapil Lombok Tengah ini.

Sementara itu, Yek Agil Ketua DPD PKS NTB sampaikan Posko Apirasi ini tidak hanya soal aspirasi saja yang akan ditampung, ia mengaku tidak akan ada pembatasan. Hanya, dia berharap aspirasi yang disampaikan adalah pemikiran yang orisinil demi kepentingan kamajuan NTB 

“Aspirasi dapat berasal dari semua lapisan masyarakat di pelbagai bidang. Sektor swasta maupun di pemerintahan,” terangnya.


Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaida, mengapresiasi kepada PKS yang sudah menggagas secara nasional hari aspirasi bagi masyarakat di seluruh Nusantara ini. Kata Isvie, sesungguhnya aspirasi ini hampir semua partai dengan nama dan cara yang berbeda kalau di Golkar ada namanya rumah aspirasi ya secara rasional, tetapi yang saya lihat perkembangannya tidak berjalan secara baik. 

"Langkah yang diambil oleh PKS dengan cara melauching secara online ini sangat bagus dan perlu mungkin kita, kita bisa meniru apa yang dilakukan oleh PKS. ini adalah satu langkah maju untuk menyerap aspirasi masyarakat meskipun kita sadari setiap langkah kita penuh dengan aspirasi masyarakat kalau kita turun ke lapangan,"ujarnya.

Isvie pada kesempatan itu juga menyampaikan, mewakili Anggota DPRD NTB, kami megucapkan selamat kepada partai PKS telah melaunching posko Hari Aspirasi Fraksi PKS.

"Semoga dengan launchingnya hari aspirasi ini seluruh persoalan masyarakat bisa kita selesaikan dengan baik, meskipun nanti juga menjadi bagian dari dinamika kita yang ada di DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB),"tutupnya. (Red/O'im)