Pasca Masyarakat Dilanda Musibah Banjir, Bupati Ungkap Makna “Ngaha Aina Ngoho” -->

Iklan 970x250px

Pasca Masyarakat Dilanda Musibah Banjir, Bupati Ungkap Makna “Ngaha Aina Ngoho”

Incinews.net
Jumat, 07 Mei 2021

Bima,Incinews.Net- Pasca banjir bandang yang telah menimpa 4 kecamatan di kabupaten Bima. Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, S.E,  mengurai kembali Falsafah hidup masyarakat Bima yakni "Ngaha aina ngoho".


Dalam uraianya yang terungkap di dalam Video yang beredar di media Sosial tersebut, Bupati mengangkat dan menjelaskan kembali kedudukan Filosofi hidup orang Bima ( Dou mbojo).pada Kamis (06/5/2021)

 

Bupati Bima dengan sangat jelas memaparkan kembali kedudukan dan arti Filosofis yang telah mengakar sekaligus menjadi pandangan hidup yang sangat bernilai selama ini di dalam tradisi masyarakat Bima. 

 

Rekaman Video durasi sekitar 1:44 menit Ia menjelaskan bahwa " Ngaha aina Ngoho" merupakan Filosofi hidup dou mbojo yang mesti di ingat serta di amalkan dalam kehidupan sehari-sehari sekaligus identitas bagi seluruh lapisan masyarakat Bima.

 

"Ngaha aina Ngoho terdiri dari tiga suku kata  yang masing mengandung pengertian" Makan, jangan dan Berladang"( makan tapi jangan berladang).ungkapnya

 

Lebih lanjut Bupati Bima menyampaikan bahwa alam bukan berarti tidak boleh di kelola untuk kebutuhan umat manusia tetapi kebaikan dan kelestarian fungsi alam juga harus diperhatikan agar alam dapat memberikan kebaikan pula bagi kehidupan umat manusia, Jelasnya

 


Dikatanya tengah bencana yang telah melanda masyarakat Kabupaten Bima,mengucapkan pengharapam semoga Filosofi "maja labo dahu"  menjadi pandangan bersama bagi seluruh lapisan masyarakat Bima dalam mewujudkan kebaikan bagi masyarakat Bima (Dou Labo dana Mbojo) dan umat manusia, tutupnya. (Asn)