Dorong Peningkatan Kinerja Pemerintah, DPRD NTB Warnai LKPJ Gubernur dengan Sejumlah Catatan -->

Iklan 970x250px

Dorong Peningkatan Kinerja Pemerintah, DPRD NTB Warnai LKPJ Gubernur dengan Sejumlah Catatan

Incinews.net
Rabu, 05 Mei 2021
Foto: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Barat (NTB) saat menyerahkan Keputusan Tentang Rekomendasi atau Catatan Strategis Atas Laporan Keterangan Pertanggung Gubernur NTB Akhir Tahun Anggaran 2020 ke Wakil Gubernur NTB Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah.

MEDia insan cita, Mataram: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Keputusan Tentang Rekomendasi atau Catatan Strategis Atas Laporan Keterangan Pertanggung Gubernur NTB Akhir Tahun Anggaran 2020 yang berlangsung di Kantor DPRD NTB, Selasa (4/5/2021). Rekomendasi tersebut diwarnai sejumlah catatan, saran dan koreksi dengan tujuan agar penyelenggara pemerintahan dimasa mendatang lebih baik.

Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaida, SH, M.Hum menjelaskan tujuan diberikannya rekomendasi terhadap LKPJ Gubernur NTB Tahun 2020, adalah untuk meningkatkan kinerja pemerintahan yang lebih baik.

"Rekomendasi ini untuk memberikan saran, masukan atau koreksi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah yang lebih baik dan akuntabel di tahun yang akan datang," tuturnya 

Isvie sapaan akrabnya juga menyampaikan bahwa pada rapat paripurna yang telah dilakukan  pada tanggal 3 Mei 2021, dimana, Isvie mengatakan komisi-komisi DPRD NTB telah menyampaikan laporan dan rekomendasinya atas LKPJ Gubernur NTB. "Dan keputusan DPRD NTB telah dibacakan terkait rekomendasi DPRD NTB terhadap LKPJ Gubernur Tahun 2020," ungkapnya.

Hal itu dilakukan untuk menjalankan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 13 tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan sesuai pasal 19 Ayat 1 yang menyebutkan bahwa kepala daerah menyampaikan LKPJ kepada DPRD dalam Rapat Paripurna yang dilakukan satu kali dalam satu tahun paling lambat 3 bulan setelah tahun berakhir. 

Sementara menanggapi hal itu, Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menerima rekomendasi yang disampaikan oleh anggota DPRD Provinsi NTB terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan yang terkait dengan keberhasilan maupun kekurangan selama menjalankan roda pemerintahan. 

"Kami sangat menghargai dan memaknai rekomendasi yang disampaikan sebagai wujud kepedulian dan kesungguhan dari seluruh anggota DPRD NTB,"ungkap Ummi Rohmi saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi NTB tersebut.

Rekomendasi yang diberikan DPRD Provinsi NTB berupa saran dan masukan terkait tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan. Ummi Rohmi menuturkan bahwa Pemerintah Provinsi NTB terus melakukan pengkajian terhadap rekomendasi tersebut dan akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku demi optimalisasi kinerja Pemerintah Provinsi NTB ke depan.

"Kami akan terus mengoptimalkan pembinaan dan pengawasan yang lebih intensif terhadap seluruh jajaran Pemerintah Daerah Provinsi NTB melalui evaluasi kinerja secara berkelanjutan, " pungkasnya. (Red/O'im)