Incinews.net
Jumat, 16 April 2021, 16.44 WIB
Last Updated 2021-04-16T10:16:05Z
MataramNTB

Warga Miskin Tetap Dilayani RSUD Provinsi NTB, Gratis Meski Tak Punya BPJS

Foto: Direktur RSUD Provinsi NTB, Dr H Lalu Herman.

MEDia insan cita, Mataram: Kabar gembira bagi rakyat Nusa Tenggara Barat, Kini RSUD Provinsi NTB tetap akan melayani pasien dari warga masyarakat kurang mampu secara gratis, meski pasien tidak terdaftar atau tidak memiliki BPJS Kesehatan.

Direktur RSUD Provinsi NTB, Dr H Lalu Herman Mahaputra menegaskan, kebijakan itu dilakukan demi memaksimalkan pelayanan RS kepada masyarakat di NTB.

"Saya tegaskan, walau pun tidak punya BPJS, namun pasien tersebut berasal dari warga kurang mampu, harus tetap kita layani dengan maksimal dan gratis tidak boleh dipungut biaya," kata Dr Jack, sapaan akrab Direktur RSUD Provinsi NTB, Jumat (16/4/2021) di Mataram.

Mantan Direktur RSUD Kota Mataram yang baru sebulan menjabat Direktur RSUD Provinsi NTB ini mengakui, meski kinerja pelayanan RSUP Provinsi sudah optimal, namun tak bisa dipungkiri masih ada keluhan-keluhan masyarakat.

Hal inilah yang saat ini difokuskan dirinya, untuk membenahi dan memaksimalkan pelayanan.

Selain memberikan pelayanan gratis untuk warga kurang mampu, RSUD Provinsi NTB juga melakukan pembenahan sistem administrasi pelayanan.

Menurut Dr Jack, saat ini tengah dilakukan  pembenahan sistem rujukan dan sistem  antrean pasien. Terutama bagi pasien yang memerlukan tindakan terencana atau operasi elektif.

RS juga akan memberlakukan layanan administrasi yang bersifat one stop service,  dengan memangkas alur pelayanan administrasi untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan di rumah sakit.

"Sehingga masyarakat yang datang membutuhkan layanan bisa lebih cepat ditangani," ujarnya.

Dr Jack menekankan, dirinya menjamin tidak akan terjadi lagi penolakan pasien di RSUD Provinsi NTB.

"Kami juga sudah membentuk Tim Cyber untuk melacak dan menindaklanjuti informasi dan berita di media sosial dengan bekerjasama dengan Pihak Berwenang. Sehingga keluhan masyarakat bisa cepat kita atensi," tukasnya.

Pria humble dan sangat terbuka ini menegaskan, masyarakat yang punya keluhan terhadap layanan di RSUD Provinsi NTB juga bisa langsung menyampaikannya ke Direktur RSUD Provinsi NTB setiap saat.

"Paradigma RS harusnya sudah berubah. Jangan lagi ada warga yang sakit namun takut atau enggan ke RS hanya karena memikirkan biaya dan sulitnya akses pelayanan. Kita berharap pembenahan-pembenahan ini memaksimalkan layanan RSUD Provinsi NTB ke depan," ujarnya. (Red/O'im)