Incinews.net
Selasa, 23 Maret 2021, 06.03 WIB
Last Updated 2021-03-22T22:10:41Z
NTB

Selamat Kepada Pasangan Mo-Novi: Sinergisitas Perempuan untuk Sumbawa Gemilang Berkeadaban

Penulis: Suten Sumarten, Pegiat Pemberdayaan Perempuan untuk Keadilan-Kemanusiaan

Selamat kepada pasangan Mo-Novi. Pertarungan panjang telah dimenangkan. Sejak pilkada hingga putusan Mahkamah Konstitusi (MK) telah menetapkan Mo-Novi pasangan pemenang Pilkada Sumbawa.

Perhari ini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sumbawa telah menetapkan pasangan terpilih Pilkada Sumbawa dalam rapat Pleno yang digelar pada senen, 22 Maret 2021.

Mari kita songsong pemimpinan baru, pasangan lengkap laki - laki dan perempuan. Pertama dan utama dicatat dalam sejarah perjalanan kepemimpinan Sumbawa.

Kolaborasi H. Mahmud Abdullah dan Dewi Noviany menjadi kekuatan untuk mencapai tujuan. Terutama memotivasi kaum perempuan yang harus bersatu padu dan berjibaku merealisasikan Sumbawa Gemilang.

Kita sudah mengenal kedua pemimpin ini. Berharap dalam dari tahun 2021 hingga 2024, bisa maksimal realisasi program dan mentunaikan janji kampanye. Karena tolak ukur keduanya sebagai komunikator yang menentukan apa, bagaimana, dan dimana supaya keputusan segera dapat diambil. Keduanya, pemimpin yang senang dan terbuka serta bahagia dalam setiap kerja - kerja yang dijalankan.

Pasangan H Mahmud Abdullah-Dewi Noviany (Mo-Novi) pemenang Pilkada yang telah ditetapkan KPUD Sumbawa. Pasangan ini diusung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Golkar, pasangan ini sangat lengkap dan luar biasa. Mahmud Abdullah menguasai seputar pertanian, kelautan dan perikanan. Apalagi dari sisi spritualitas dan humanitas.

Mahmud Abdullah memiliki kekuatan basis keagamaan yang kuat. Keinginan para tokoh agama di Sumbawa mendorong Mo - Novi sebagai pasangan "Misi Harmonis" hubungan keagamaan sehingga hadir pemimpin yang peduli pada kedamaian.

Sementara Dewi Noviany menguasai aset terbesar sebuah daerah, yakni perempuan. Dalam isu gender, tampilnya Dewi Noviany dalam demokrasi telah menghapus memori anggapan perempuan tak bisa memimpin.

Kehadiran Dewi Noviany sebagai Wakil Bupati Sumbawa telah menghapus perbedaan antara kedudukan laki-laki dan perempuan. Mari mendukung sepenuhnya pemerintahan Mo - Novi hingga 2024. Peran perempuan sangat strategis untuk mengisi pembangunan.

Maka visi misi kampanye beberapa waktu lalu membuat "Bale Mediasi" bisa segera direalisasikan untuk menyelesaikan seputar masalah yang dihadapi masyarakat. Karena, jumlah perempuan yang menjadi pemimpin masih sedikit di Sumbawa. Baru Dewi Noviany yang tampil gagah berani menantang arus besar demokrasi lokal Sumbawa.

Dewi Noviany bertugas, memecahkan pandangan tradisional pada perempuan yang dianggap sosok lemah, halus dan emosional. Sedangkan laki-laki dianggap sebagai sosok tegas dan rasional, dimana orang menganggap sifat laki-laki yang cocok menjadi pemimpin. Akibatnya, jarang perempuan berani tampil untuk menjadi pemimpin dan tersisihkan oleh dominasi kaum laki-laki.

Gaya dan corak leadership Dewi Noviany ke depan pada politik kesejahteraan, perlindungan perempuan, penataan ekonomi rumah tangga, industri rumahan, ekonomi kreatif, peluang kerja dan lain-lain.

Dengan adanya peran perempuan Wakil Bupati Sumbawa dapat membawa  dampak baik, ditandai dengan tidak adanya diskriminasi lagi bagi kaum perempuan. Kesetaraan bisa hadir dengan mendapatkan peluang dan akses yang sama.

Hal ini ditandai kehadiran Dewi Noviany Wakil Bupati terpilih berpartisipasi untuk mengambil tugas dan peran menyongsong pembangunan dan perubahan Kabupaten Sumbawa ke depan. Selain itu, perempuan mempunyai peranan penting dalam mewujudkan tujuan dari visi misi Sumbawa Gemilang berkeadaban.