Incinews.net
Senin, 22 Maret 2021, 22.54 WIB
Last Updated 2021-03-22T14:57:12Z
MataramNTB

Polda NTB Bentuk Drive Thru Vaksin Covid-19, Bantu Pemda Percepat Vaksinasi di NTB

Foto: Kapolda NTB bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Dandenkesyah Korem 162/WB juga Kabiddokes Polda NTB, meninjau pelaksanaan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 Khusus Lansia yang digelar oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB. 

MEDia insan cita, Mataram: Polda NTB terus gencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dibuktikan dengan digelarnya Drive Thru Vaksinasi Covid-19 terhadap Lansia yang bertempat di Jl. Langko Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB. 

Kapolda NTB bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Dandenkesyah Korem 162/WB juga Kabiddokes Polda NTB, meninjau pelaksanaan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 Khusus Lansia yang digelar oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB. Senin (22/3/2021)

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K., M.H mengatakan, pelaksanaan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 ini sebagai bukti bahwa Negara hadir untuk membantu sekaligus mendorong masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Provinsi NTB.

"Kami TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan ingin melakukan upaya proaktif dengan prinsip untuk mempercepat program Vaksinasi Nasional khususnya di Provinsi NTB," tegas Iqbal saat meninjau lokasi Drive Thru Vaksinasi Covid-19 Khusus Lansia didepan Rumah Sakit Bhayangkara Jalan Langko, Kota Mataram.

Beberapa minggu terakhir tambah Iqbal, program Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19 sasaran yang diprioritaskan ialah Lansia. Oleh karena itu Polda NTB, melakukan upaya kepada masyarakat yang tergolong Lansia untuk dapat divaksinasi secara Drive Thru

Iqbal berharap, pelaksanaan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 ini dapat berjalan juga di Polres jajaran Polda NTB dengan tetap menggandeng dari pihak Kodim dan Pemerintah Kab/Kota.

"Pelaksanaan Drive Thru Vaksinasi ini juga harus mengedepankan SOP yang berlaku. Oleh karena itu, perlu memperhatikan dari aspek keselamatan dan keamanan. Jangan sampai terjadi kecelakaan lalu lintas dan menimbulkan kemacetan. Pelaksanaan vaksinasi juga harus menerapkan prosedur yang berlaku," jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr H Lalu Hamzi Fikri MM, MARS mengatakan, pelaksanaan vaksin masal seperti yang dilakukan Biddokes Polda NTB ini dapat di tiru oleh pemerintah Kabupaten Kota di NTB.

"saya harap ini bisa ditiru oleh kabupaten Kota di NTB, karena kita punya target percepatan pemberian vaksin untuk masyarakat NTB," jelasnya.

Kehadiran Drive Thru Vaksinasi Covid-19 ini sangat diapresiasi Kadis Dinkes NTB sebap dapat membantunya mencapai target percepatan pemberian vaksin di NTB.

Di juga berharap agar tidak hanya lansia yang di vaksin di Drive Thru ini tetapi juga masyarakat umum lainnya.

Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Kabiddokes) Polda NTB dr H Erwin Zainul Hakim, MARS, MH, Kes. menyebutkan bahwa Drive Thru ini dibagi menjadi dua model. Model pertama adalah Drive Thru yang melekat di fasilitas kesehatan.

Dikatakan, model Drive Thru seperti ini akan difungsikan untuk para lansia, sementara Drive Thru yang berikutnya akan diadakan di tempat tempat umum seperti Mall, tempat wisata, pondok pesantren dan ditempat tempat umum lainnya, untuk menyasar semua kalangan seperti pelaku wisata, pelayan publik dan masyarakat umum lainnya. (Red/O'im)