Wagub Evaluasi Perkembangan Tol Langit di Kawasan NTB -->

Iklan 970x250px

Wagub Evaluasi Perkembangan Tol Langit di Kawasan NTB

Rabu, 30 Desember 2020
Foto: Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah.

MEDia insan cita, Mataram: Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengikuti wawancara New Maker Medcom.id secara virtual melalui aplikasi telekonferensi Zoom, Rabu, 30 Desember 2020 di ruang kerjanya. Wawancara tersebut terkait infrastruktur Tol Langit atau Palapa Ring di kawasan NTB. 

Wagub menerangkan, dengan karakteristik NTB sebagai destinasi wisata yang luar biasa, terlebih tahun depan ada perhelatan MotoGP, tol langit menjadi hal yang sangat penting.

Menurut Wagub, di NTB masih ada 44 Desa kategori tanpa sinyal seluler dan 65 Desa yang kategori sinyal lemah. Namun hal itu sudah dijanjikan Kemkominfo dan akan diselesaikan pada tahun 2021, dan Wagub menegaskan ini juga menjadi tanggung jawab perusahaan operator seluler.

Lebih lanjut, Wagub menyatakan kemajuan pengerjaan Palapa Ring sudah mulai dirasakan masyarakat NTB. Contohnya ketika masa pandemi, dimana segala aktivitas dilakukan lebih banyak secara virtual, Tol Langit berdampak luar biasa atas kelancaran aktivitas dan silaturrahim masyarakat. 

Wagub berharap, disamping semua kemajuan di NTB, seperti banyaknya wifi area, penyelesaian daerah tanpa sinyal seluler juga dapat diselesaikan pada 2021 nanti.

"Kita bener-bener ikhtiar agar 4G merata di seluruh NTB, khususnya di 44 desa yang masih blankspot, bagaimanapun juga NTB harus bersiap menghadapi event-event internasional di tahun 2021, dan persoalan sinyal menjadi hal yang krusial, sehingga harus diselesaikan bersama," pungkas Wagub. (Red/O'im)